Search

Biar Tajir, 7 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sehabis Gajian

Ilustrasi keuangan

Jakarta, Reportasenews.com – Kata siapa jadi pegawai swasta atau budak korporat enggak bisa bikin kamu kaya? Kalau kamu selalu disiplin dalam mengelola uang dan lakuin 7 hal di bawah ini, jadi tajir bukan sekadar impian kok.

Ruwet dalam mengatur gaji bulanan enggak hanya dialami segelintir orang. Banyak masyarakat modern sekarang ini—atau mungkin juga kamu—mengalami kesulitan dalam mengatur gaji yang diterima setiap bulan. Enggak jarang, banyak pekerja kantoran—ya lagi-lagi mungkin kejadian juga di kamu—sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karena kamu enggak bisa mengelola gaji yang diterima dengan baik. Namun, sebenarnya ada cara jitu supaya kamu bisa mengelola gaji bulanan dengan bijak.

  1. Bikin Rancangan Anggaran Bulanan

Rancang anggaran bulanan kamu! Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer, seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan sekunder dan tersier, buatlah anggaran untuk belanja, plesiran hingga anggaran nongkrong dengan teman-teman atau rekan sejawat.

  1. Lunasi Segera Segala Tagihan

Begitu dapat gaji, hal pertama yang harus jadi prioritas kamu adalah lunasi segala tagihan dan angsuran, khususnya bayar cicilan kredit motor. Kamu bisa bayar angsuran dengan mudah, kok di zaman sekarang ini secara online, entah untuk kredit ponsel, motor, mobil, atau rumah, bayar angsuran semudah menjentikkan jari, hanya saja separuh jiwa di semesta enggak tiba-tiba jadi debu.

  1. Jangan Lupa Menabung

Jika selama ini kamu terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, kali ini cobalah menyisihkan gaji untuk tabungan sebelum kamu menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.

  1. Bikin Rekap Keuangan

Simpanlah struk belanja yang kamu dapatkan setiap kali berbelanja. Catatlah semua pengeluaran setiap harinya. Selain cara ini membantu kamu mengetahui kemana saja uang yang digunakan selama ini, ini juga dapat membantu kamu menganalisis barang-barang apa saja yang sebenarnya enggak harus kamu beli di bulan yang akan datang.

  1. Buat Beberapa Rekening di Bank Berbeda

Buatlah dua rekening di bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari kamu, seperti menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Rekening lainnya dapat kamu gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal berapa persen yang harus kamu tabung dari gaji bulanan. Lakukan ini seperti sebuah kewajiban yang harus kamu taati setiap bulannya.

  1. Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Sebenarnya, kartu kredit juga dapat membantu kamu dalam mengelola keuangan, syarat utamanya kamu harus menggunakannya dengan cerdas. Misalnya, gunakan promo yang diberikan untuk membeli barang-barang yang memang kamu butuhkan, atau bisa dialokasikan untuk membayar semua tagihan dan angsuran yang kamu punya. Yang terpenting, jangan lupa untuk segera melunasi tagihan kartu kredit kamu ketika menerima tagihan kartu kredit.

  1. Jangan Lupa Investasi

Setelah kamu menyisihkan untuk menabung dan mengalokasikan gaji bulanan pada kebutuhan sehari-hari, tetapi masih ada kelebihan dana dari gaji tersebut, ada baiknya kamu menggunakan dana tersebut untuk investasi. Kamu bisa berinvestasi dengan mengikuti asuransi, reksadana, maupun membeli logam mulia ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi. Hal ini berbeda dengan menabung, jika menabung kamu bisa mengambilnya setiap saat. Dalam investasi, uang yang kamu simpan dalam bentuk lain dan tidak bisa kamu ambil kapan pun sesuai keinginan. Cara ini tidak hanya membuat uang kamu diam di tempat, tetapi juga dapat menguntungkan di masa depan.

Nah, mudah-mudahan kamu bisa berkomitmen untuk melakukan hal-hal yang sudah dipaparkan di atas. Dengan begitu, kamu bisa menjadi seorang tajir yang bersahaja.




Loading Facebook Comments ...