Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 20 Nov 2019 17:25 WIB ·

Biaya PTSL  Desa Tanjung Pecinan Situbondo Disoal  


					Ilustrasi Perbesar

Ilustrasi

Situbondo,reportasenews.com – Biaya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo disoal oleh salah seorang  warganya.

Pasalnya, salah seorang warga bernama Putro asal Dusun Kaliasin,  Desa Tanjung Pecinan Kecamatan Mangaran ditarik  biaya sebesar Rp. 500 ribu hingga Rp. 3 juta. Pasalnya, sesuai ketentuan biaya PTSL hanya sebesar Rp.150 ribu.

“Katanya biaya untuk PTSL itu hanya Rp 150 ribu, tapi saya kok diminta Rp 500 ribu. Sejumlah uang tersebut saya bayar langsung kepada Kepala Dusun (Kadus) Kaliasin,”ujar Putro, Rabu (20/11/2019).

Menurutnya, pendaftaran  PTSL tersebut terjadi tiga bulan lalu, namun agar  proses pembuatan sertifikatnya cepat selesai,  oknum Kasun berinisial YS meminta dirinya untuk membayar Rp 500 ribu. Namun, setelah membayar uang sesuai yang diminta, ternyata hingga kini sertifikat tanahnya belum selesai.

“Waktu membayar itu sekitar 3 bulanan yang lalu dan sampai sekarang masih belum selesai. Padahal uang itu saya dapat dari pinjam,”bebernya.

Dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kadus  Kaliasin, Desa Tanjung Pecinan Kecamatan Mangaran, Yosep mengaku tidak tahu menahu tentang adanya pembayaran PTSL yang lebih dari Rp 150 ribu. Sebab, selama ini yang dilakukan kepada warganya hanya meminta Rp 150 ribu.  Itupun dibuktikan dengan kwitansi  dari panitia PTSL.

“Yang saya minta pada pendaftar PTSL itu Rp 150 ribu. Itupun ada kuitansi dari panitia. Kalau ada penarikan lebih saya tidak tahu,”elak  Yosep.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Desa Tanjung Pacinan Kecamatan Mangaran, Andi mengatakan masih belum tahu tentang aturan PTSL yang ada di desanya. Sebab, dirinya masih baru menjabat sebagai Pj di Desa Tanjung Pecinan.

“Saya baru di Desa ini dan belum tahu aturan PTSL, baik biaya dan lain lainya. Jadi berapa yang diminta tidak tahu,” kata Andi.(fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dua PSK, Satu Mucikari Serta Seorang Pria Hidung Belang Diamankan Satpol PP Situbondo 

20 April 2024 - 10:03 WIB

Warga Desa Pesisir Besuki, Keluhkan Penutupan Sumur Bor Bantuan Pemerintah

20 April 2024 - 05:51 WIB

Ratusan Santri Asal Pulau Raas Madura, Mulai Kembali ke Ponpes Situbondo

19 April 2024 - 20:19 WIB

15 Kilogram Sabu dari Malaysia Masuk Ke Kalbar, Seorang Kurir Berhasil Diringkus

19 April 2024 - 19:04 WIB

Kader Gerindra Johni Asadoma Minta Dukungan ke PSI untuk Jadi Cagub NTT

19 April 2024 - 19:00 WIB

Wali Kota Binjai Amir Hamzah Mendaftar Pencalonan Bakal Calon Walikota ke Partai Demokrat

19 April 2024 - 18:52 WIB

Trending di Daerah