Search

BPBD Situbondo Imbau Warga Waspada Kebakaran di Musim Kemarau  

BPBD Situbondo imbau warga waspada bahaya Kebakaran di musim kemarau. (foto:fat)
BPBD Situbondo imbau warga waspada bahaya Kebakaran di musim kemarau. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Peristiwa kebakaran marak di Kabupaten Situbondo. Bayangkan saja, mulai awal Januari hingga September 2019, tercatat sebanyak 64  peristiwa kebakaran di Kabupaten Situbondo, baik kebakaran rumah, ilalang, hutan jati maupun kebakaran lahan tebu.

Kerugian materi akibat peristiwa   kebakaran yang tersebar disejumlah kecamatan di Kabupaten Situbondo mencapai  tersebut mencapai Rp.984 juta lebih. Dengan rincian, kebakaran rumah sebanyak 21 lokasi, hutan  sebanyak 14 lokasi,  lahan kosong atau ilalang sebanyak 17, kebakaran kandang sapi, dan  toko lokasi di Kabupaten Situbondo.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo Budi Nurwanto mengatakan, karena sejak awal Januari hingga September 2019,  telah terjadi sebanyak 64 peristiwa kebakaran, baik rumah maupun lahan kosong dan hutan.” Oleh karena itu, kami mengimbau warga   Kabupaten Situbondo untuk mewaspadai terjadinya kebakaran, baik lahan maupun rumah, pada musim kemarau  tahun  ini,”ujar Budi Nurwanto,  Rabu (11/9/2019).

Menurutnya, selain krisis air bersih yang melanda sebanyak  11 dusun pada enam desa yang tersebar  di enam di kecamatan di Kabupaten Situbondo,  potensi bencana yang bisa terjadi saat musim kemarau adalah kebakaran, terutama kebakaran rumah dan  lahan kosong.

”Kebakaran lahan berpotensi terjadi karena saat kemarau ranting-ranting pohon mengering dan daun berguguran, sehingga warga yang beraktivitas di ladang tidak boleh membuang puntung rokok ataupun perbuatan yang menimbulkan api,”imbau Budi Nurwanto.

Pria yang akrab dipanggil Budi menambahkan, total kerugian materi  akibat terjadinya sebanyak 64 peristiwa kebakaran, yang terjadi  disejumlah wilayah  di Kabupaten Situbondo itu, mencapai Rp.984 juta lebih.”Meski marak peristiwa kebakaran, namun tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa kebakaran di Situbondo,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...