Search

Budaya Betawi Meramaikan Puncak Perayaan Kemerdekaan RI

2016-08-28 01.07.51

JAKARTA – RN.COM, Puncak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke 71, di Duren Sawit Jakarta Timur, menampilkan budaya betawi seni pencak silat. (27/8)

Momentum perayaan kemerdekaan di lingkungan warga dimanfaatkan sejumlah tokoh dan lurah setempat, petugas keamanan babinkamtibmas sebagai ajang silahturrahmi warga.

Terlihat sejumlah anak-anak memperlihatkan keahlian seni beladiri dipanggung, diselingi tepuk tangan para pengunjung menambah kemeriahan pertunjukan.

Selain lihai memperagakan silat, anak-anak usia belasan tahun tersebut, juga pandai membawakan pantun berakting layaknya orang dewasa.

Menurut tokoh masyarakat setempat, Kesenian betawi pencak silat sudah ada sejak ratusan tahun silam. Dari tokoh film si Pitung, diharapkan terus bisa dilestarikan.

“Tokoh si Pitung harus tetap dilestarikan karena itu simbol pencak silat betawi yang saat ini hampir punah,” ujar Abdul Rojak.

“Kami berharap kepada kawula muda dari pada nongkrong yang tidak jelas bisa ikut bergabung berpartisipasi menjaga kebudayaan betawi ini,” terang Haris guru pencak silat.(PT/RQ)




Loading Facebook Comments ...