Search

Buka Seminar Cagar Budaya, Wabup Yoyok Minta Forpamaksi Dukung Tahun KunjunganWisata

Wabup Situbondo Yoyok Mulyadi, saat membukan seminar nasional cagar budaya. (foto:fat)
Wabup Situbondo Yoyok Mulyadi, saat membukan seminar nasional cagar budaya. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Wabup Situbondo  Yoyok Mulyadi,  Selasa (13/2) membuka secara resmi seminar nasional  cagar budaya, dengan tema ,” Peran Cagar Budaya untuk Pembangunan Kepribadian Bangsa dan Identitas Nasional.”

Seminar yang dihelat  Forum Pemerhati Aspirasi Masyarakat Kabupaten Situbondo (Forpamaksi), dengan pemateri Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Trowulan Mojokerto,   Andi Muhammad Said,  Prof. Dr. H. M.  Soulthon Masyhud,  M. PD, Guru Besar Universitas Jember itu, dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Situbondo.

Ketua  Forpamaksi,  Jamaludin mengatakan, jika  Forpamaksi  lahir dari aspirasi masyarakat yang peduli akan sejarah dan peninggalan cagar budaya yang ada di  Kabupaten Situbondo.

”Terbentuknya  setelah penetapan Hari Jadi Kabupaten Situbondo. Sehingga, keberadaan organisasi ini bisa memberikan kotribusi dalam pemeliharaan cagar budaya agar tetap lestari. Sedangkan maksud dan tujuan diselenggarakannya seminar yakni untuk semakin memperkuat pedidikan dalam pelestarian cagar budaya sebagai identitas  nasional,”kata Jamaludin.

Sementara itu,  Wabup Situbondo  Yoyok Mulyadi mengatakan, jika usia Kabupaten Situbondo sudah lebih dari 200 tahun. Sehingga, usia ratusan  itu  tentu banyak  peninggalan yang menjadi situs sejarah yang perlu dilestarikan.

”Oleh karenanya,  Pemkab Situbondo bersyukur dengan hadirnya Forpamaksi. Karena, masih ada kelompok masyarakat yang masih peduli melestarikan cagar budaya di Kabupaten Situbondo,”kata Yoyok Mulyadi.

Menurutnya, dengan seminar ini, pihaknya  berharap cagar budaya di Situbondo dapat dikemas menjadi menarik. “Sehingga ketika dikolaborasikan dengan persiapan tahun kunjungan wisata yang dicanangkan pada Tahun 2019 mendatang akan menambah destinasi wisata  di Situbondo. Dengan demikian hal itu akan  semakin menarik para wisatawan untuk berkunjung  ke  Situbondo,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...