Search

Bupati Dadang Minta KADIN Sitjubondo Genjot Pemulihan Ekonomi Ditengah Pandemi

Suasana pelantikan ketua KADIN Situbondo di Pendopo Kabupaten. (foto:fat)


Situbondo,reportasenews.com – Taufik Hadi Suryanto secara resmi dilantik sebagai ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Situbondo untuk masa khidmat 2018. Hadi dilantik langsung oleh Ketua KADIN Jawa Timur, yakni Adi  Dwi Putranto.Hadir dalam pelatikan dan pengukuhan yang dilaksanakan  di Pendopo Kabupaten Situbondo. Masing-masing adalah,  Bupati Dadang Wigiarto dan Forkopimda Kabupaten Situbondo.

Usai pelantikan,  Ketua Umum KADIN Propinsi Jawa Timur, Adi  Dwi Putranto  mengatakan, pihaknya percaya dengan Ketua dan Pengurus KADIN Situbondo yang baru dilantik untuk melaksanakan program program KADIN Jawa Timur.

“Kita akan menunggu apa yang bisa dilakukan Ketua dan Pengurus KADIN Situbondo. Karena  KADIN Jawa Timur banyak program yang bisa disharing dengan KADIN Situbondo,”kata Adi Dwi Putranto, Jumat (13/11/2020).

Menurutnya, sebanyak 20% dari 100% UMKM atau pengusaha mikro di Jawa Timur, yang sudah tersentuh dengan program digitalisasi. “Ini tugas KADIN Situbondo, bagaimana  nantinya bisa mengembangkan produk-produk UMKM dan bisa memasarkan melalui digitalisasi. Sebab, dengan berkembangnya UMKM maka secara otomatis perekonomian akan berkembang,”ujar Adi.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto berharap, KADIN Situbondo mampu memaksimalkan dan dapat bersinergi  dengan pemerintah daerah. “Apa yang belum di sentuh oleh pemerintah daerah, maka KADIN harus bisa mengambil perannya. Peluang-peluang ekonomi yang dibangun harus berpatokan dengan data yang  dimiliki Pemkab Situbondo, agar mempunyai manfaat besar,”katanya.

Bupati Dadang menambahkan, dalam berinvestasi KADIN Situbondo tidak harus muluk-muluk, namun dengan investasi kecil dengan hasil yang lumayan besar itu harus diprogramkan oleh KADIN.

“Misalnya saja bagaimana kita membuka usaha pakan ternak yang murah dan berkualitas, dengan modal kecil,”beber Dadang.  

Bupati Dadang, juga meminta para pengurus KADIN Situbondo yang baru dilantik, bisa meyakinkan para investor agar  menanamkan modalnya atau berinvestasi di Kabupaten Situbondo.

“Kami akan berikan perijinan yang cepat dan mudah asal semua persyaratan dipenuhi, tidak sampai hitungan hari, hitungan jam saja ijin pasti kami keluarkan,”janji Bupati Dadang.

Sementara itu,  Taufik Hadi Suryanto mengatakan, Kabupaten Situbondo memiliki potensi luar biasa di bidang perdagangan dan kelautan. “Sejarah membuktikan, Pelabuhan Intenasional Panarukan adalah tempat transportasi dan pusat berdagang di jaman kolonial. Namun, sekarang pelabuhan ini kurang bergeliat,” tutur Taufik.

Menurutnya, untuk menggeliatkan kembali perdagangan di Pelabuhan Panarukan, pihaknya  membutuhkan sarana prasarana transportasi yang memadai untuk mendukung perkembangan perekonomian tersebut.

“Kabupaten Situbondo memiliki potensi luar biasa baik dari sektor kelautan, pertanian dan perkebunan yang butuh pengembangan semaksimal mungkin. Misalnya, potensi dibidang sektor kelautan, Kabupaten Situbondo memiliki tempat pembenihan udang, ikan kerapu dan lobster,” jelasnya.

Priia yang akrab dipanggil Hadi menambahkan, Kabupaten Situbondo juga destinasi wisata  kelas dunia. “Ini menjadi PR bersama. Untuk itu, dengan kebersamaan dan bersinergi kita angkat Situbondo menjadi kabupaten yang pertumbuhan ekonominya terus meningkat. “ Mari kita bersama-sama meningkatkan perekonomian Kabupaten Situbondo,”pungkasnya. (fat)




Loading Facebook Comments ...