Search

Bupati Dadang Wigarto, Pantau  Pelaksanaan UNBK SMP Situbondo

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Kamis (25/4/2019) memantau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  di salah satu  SMP di Kabupaten Situbondo.(foto:fat)
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Kamis (25/4/2019) memantau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di salah satu SMP di Kabupaten Situbondo.(foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Kamis (25/4/2019) memantau secara  langsung hari ke-empat  pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019 untuk  sekolah setingkat SMP dan sederajat di Kabupaten Situbondo.

Dalam memantau   pelaksanaan  UNBK SMP dan sederajat di Kabupaten Situbondo, dengan mata pelajaran (Mapel) IPA,  Bupati Dadang Wigiarto, didampingi kepala Dinas Pendidikan Nasional dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Situbondo Fathor Rakhman, dan Suhartono, selaku  Asisten II Pemkab Situbondo.

Pantauan Reportasenwes.com dilapangan,  pelaksanaan UNBK SMP yang dipantau langsung oleh Bupati Situbondo. Masing-maasing adalah, SMP Imanuel, SMP Negeri 6 Situbondo, SMP Negeri  4 Situbondo, SMP Negeri 5 Situbondo dan SMP Negeri 1 Situbondo.

Usai memantau pelaksanaan UNBK sejumlah SMP di Kota Situbondo,  Bupati Situbondo  Dadang Wigiarto mengatakan,  jika  secara umun  persiapan sekolah   sudah baik. Hal tersebut dibuktikan  dengan pelaksanaan UNBK SMP  Tahun 2019, yang diketahui   berjalan sukses dan lancar, meski ada  sejumlah   sekolah SMP pinggiran di Situbondo,  yang mengeluhkan tentang lemahnya  jaringan internet.

 “Oleh karena itu, saya meminta  kepala Disdikbud  Kabupaten Situbondo,  untuk terus melakukan evaluasi pelaksanaan UNBK. Dengan harapan, ke depan pelaksanaan UNBK SMP di Situbondo berjalan lebih baik,”kata Bupati Dadang Wigiarto, Kamis (25/4/2019).

Bupati Dadang Wigiarto menegaskan, karena masing-masing sekolah  SMP di Situbondo   diketahui melaksanakan UNBK hingga tiga sesi, akibat minimnya perangkat yang dimiliki oleh masing-masing sekolah, sehingga untuk memperlancar pelaksanaan UNBK SMP agar  dilaksanakan dalam satu sesi saja.

”Saya meminta kepada kepala Disdikbud Situbondo, untuk mengalokasikan anggaran  pembelian   perangkat  di masing-masing sekolah SMP di Kota Situbondo, baik melalui APBD Situbondo, maupun mengajukan permohonan kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintahh  Pusat,”imbuh Bupati Dadang Wigiarto.

Sementara itu, Kepala Diskdikbud Kabupaten Situbondo Fathor Rakhman mengatakan, pada tahun 2019 ini, jumlah siswa  sekolah setingkat SMP dan Mts di Kabupaten Situbondo berjumlah sebanyak 10.245 peserta.”Puluhan ribu peserta UNBK  sekolah setingkat SMP di Kota Situbondo tersebut,  mereka berasal dari sebanyak 191 lembaga pendidikan  SMP dan MTs di Kabupaten Situbondo, baik  lemaga pedidikannegeri maupun swasta,”ujar Fathor Rakhman.

Menurutnya,  karena seluruh sekolah SMP dan MTs di Kabupaten Situbondo melaksanakan UNBK  antara dua hingga tiga sesi  setiap hari, akibat minimnya perangkat laptop  yang dimilik oleh masing-masing sekolah, sehingga  sesuai dengan perintah Bupati Situbondo  Dadang Wigiarto, pihaknya akan mengalokasi anggaran pembelian laptop   secara bertahap, untuk melengkapi perangkat  di  masing-masing sekolah SMP di Situbondo.”Baik melalui APBD Situbondo maupun  APBD Provinsi. Bahkan, untuk melengkapi perangkat di masing-masing SMP di Situbondo,  kami juga akan minta bantuan kepada pemerintah Pusat,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...