Search

Bupati Gresik Resmikan Tugu Daun Lontar 

Bupati Sambari, Wabup Qosim bersama Mr. Hiroshi Kondo President Director PT.Smelting dan Forkopimda Gresik saat meresmikan Tugu Daun Lontar. (Foto:dik)
Bupati Sambari, Wabup Qosim bersama Mr. Hiroshi Kondo President Director PT.Smelting dan Forkopimda Gresik saat meresmikan Tugu Daun Lontar. (Foto:dik)

Gresik, Reportasenews.com – Setelah mendapatkan hibah bangunan baru berupa Tugu Keris Sumilang Gandring dari PT Wilmar Nabati Indonesia, kini Pemkab Gresik kembali mendapat hibah dari PT Smelting. Perusahaan produsen Katoda Tembaga ini mempersembahkan bangunan baru untuk mempercantik kota Gresik berupa Monumen Tugu Lontar.

Tugu Lontar merupakan karya seni kontemporer yang menggabungkan dua tema dari dua kebudayaan yang berbeda, yakni Indonesia dan Jepang. Lontar adalah salah satu media tulis yang menjadi sejarah kebudayaan Indonesia dan sampai sekarang masih tumbuh di Gresik. Sedangkan Kirigami merupakan seni memotong dan melipat yang menjadi bagian dari kebudayaan Jepang.

Tugu Lontar atau Sculpture Lontar ini dibangun sejak 3 Desember 2018 lalu. Pekerjaan konstruksinya memakan waktu 9 bulan. Tugu ini dirancang Ir Daniel Mirmanoe Candra Sujanto, arsitek lulusan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Beliau juga dikenal sebagai perancang Tugu Pelangi Surabaya.

Adapun filosofi yang terkandung dalam monumen Tugu Lontar, diantaranya melambangkan kuatnya perindustrian di Gresik, membawa ketenangan dan kedamaian serta adanya elemen air perlambang sejarah Gresik sebagai salah satu Pusat Penyebaran Agama Islam yang terus mengalir bagai oase yang menyejukkan.

Saat peresmian Tugu Lontar, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menayampaikan terima kasih kepada PT Smelting. “Saya selaku Pemerintah dan mewakili masyarakat Gresik menyampaikan terima kasih kepada PT Smelting yang telah menghibahkan Tugu Lontar ini kepada masyarakat Gresik. Saya berharap apa yang telah dilakukan oleh PT Smelting ini bisa diikuti oleh Perusahaan yang lain” harap Sambari.

Bupati juga menyatakan, dimasa kepemimpinannya banyak sekali monument yang telah dibangun. Ke depan dia akan merealisasikan untuk mengembalikan monumen gardu suling (garling, monumen gajah mungkur serta monumen perahu syahbandar.

Sementara Mr. Hiroshi Kondo President Director PT.Smelting menyatakan, Tugu Lontar ini merupakan sumbangsih PT Smelting kepada masyarakat untuk mempercantik kota Gresik.

“Saya berharap masyarakat ikut memiliki dan menjaga keberadaan tugu lontar ini agar bisa lebih bermanfaat terutama untuk menambah keindahan kota Gresik” ujarnya dengan Bahasa Indonesia yang agak terpatah patah. (dik)




Loading Facebook Comments ...