Search

Burung Berusia 4200 Tahun Ditemukan Membeku Dilapisan Es

ScreenShot001

Norwegia, reportasenews.com – Seekor burung redwing berusia 4,200 tahun yang membeku telah ditemukan dengan sempurna diawetkan dilapisan es tebal Norwegia.

Burung itu, yang usianya ditentukan melalui tes karbon, dibedah untuk menentukan apakah organ burung tersebut juga bertahan dalam ujian waktu.

“Mumi burung” ini ditemukan oleh seorang sipir Badan Pengawas Alam Norwegia di tepi sebuah bukit salju di pegunungan Oppdal, menurut Jorgen Rosvold, seorang peneliti di Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Norwegia, yang berbicara dengan NRK.

“Burung itu berumur 4.000 tahun benar-benar fantastis,” kata Rosvold. “Kami tidak pernah membuka isi perut dan melihat bagaimana seekor burung berusia 4.000 tahun,” tambahnya.

Periset awalnya percaya bahwa burung tersebut berumur tidak lebih dari beberapa ratus tahun, dan sekarang percaya bahwa itu terbang di atas langit Norwegia ribuan tahun yang lalu. Dugaan lain, burung itu tertangkap dan dibunuh oleh seekor srigala, atau rubah.

“Mungkin tertangkap oleh wolverine atau rubah. Kita tahu bahwa wolverine menggunakan es untuk menyimpan makanan selama musim panas. Jadi burung ini mungkin dimasukkan ke dalam es oleh srigala dan baru ditemukan lagi sekarang,” kata Rosvold.

Pemeriksaan terhadap burung tersebut menunjukkan sejumlah organ utuh, termasuk hati, yang dapat memberikan wawasan yang belum pernah terjadi sebelumnya mengenai kondisi kehidupan di Norwegia ribuan tahun yang lalu.

“Organ utuh akan memberi kita kesempatan untuk melakukan tes dan memberi kita wawasan tentang kondisi lingkungan saat burung tersebut mati,” kata Rosvold sebelum pembedahan. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...