Search

Cap Go Meh 2020 di kota Singkawang Semarak, 847 Tatung ikuti Parade

Atraksi Tatung menjadi ikon perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang.  (foto.Das)
Atraksi Tatung menjadi ikon perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang. (foto.Das)

Singkawang, reportasenews.com – Singkawang hebat. Pasti ke singkawang. Tagline ini mengema saat pembukaan Cap Go Meh 2020 di kota Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu (8/2) pagi.

Festival Cap Go Meh digelar setiap tahunnya di kota Singkawang dan berlangsung semarak. Keberadaan Tatung menjadi daya Tarik tersendiri dan berbeda setiap perayaan Cap Go Meh. Tatung menjadi ikon dan identik perayaan Cap Go Meh di Singkawang.

Tatung dalam bahasa Hakka adalah orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur. Dimana raga atau tubuh orang tersebut dijadikan alat komunikasi atau perantara antara roh leluhur atau dewa tersebut.

Menurut Hengky Setiawan, Ketua Panitia Cap Go Meh 2020 di Singkawang, puncak perayaan Cap Go Meh 2020 di kota Singkawang diikuti 847 tatung, sebagian besar tatung dari beberapa wilayah Singkawang, dan sebagian lagi berasal dari wilayah sekitar kota Singkawang seperti Pemangkat, Sambas, Bengkayang.

Tatung yang identik dengan tradisi dan budaya Tionghoa, namun di Singkawang sangat berbeda. Ada juga berapa tatung dari luar negeri seperti keikutsertaan Alanj, tatung dari Australia. Ini adalah keikutsertaan Alanj yang kedua kalinya dimana pada Cap Go Meh 2019, Alanj juga ikut ambil bagian dalam parade Tatung di Singkawang bersama rekannya.

Dan selain Alanj ada juga kesenian etnis lainya di nusantara  yang tampil di parade Tatung, seperti Tarian Reog Ponorogo, dan beberapa kesenian lainnya.

Tatung khas Dayak juga ikut meramaikan parade Tatung yang dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB siang di kota Singkawang. Ribuan warga termasuk turis lokal dan mancanegara telah memadati tribun tribun di sepanjang jalan Diponegoro kota Singkawang sejak pagi. Mereka tak beranjak dari tempat duduknya sambal melihat dan menyaksikan atraksi tatung yang diluar nalar. Tatung menjadi daya pikat warga termasuk para turis. Mereka juga sibuk mengabadikan momen Tatung beraksi dengan kamera ponsel hingga kamera tele digital.

Festival Cap Go Meh 2020 di kota Singkawang dihadiri dan dibuka langsung Menteri Agama RI, Fakhrul Razi, yang mengapreasi semangat perbedaan budaya, agama, etnis menjadi keharmonisan yang menimbulkan semangat saling menghargai dan toleransi.

Jajaran Forkompinda Kalimantan Barat menyaksikan festival Cap Go Meh 2020 di kota Singkawang. (foto. Das)

Jajaran Forkompinda Kalimantan Barat menyaksikan festival Cap Go Meh 2020 di kota Singkawang. (foto. Das)

“Hal yang patut disyukuri semangat kebersamaan ditengah beragam perbedaan, inilah bukti kota Singkawang menyandang predikat kota Tertoleran se-Indonesia, dan saya melihatnya sendiri,” kata Fakhrul Razi di depan ribuan warga yang hadir dalam perayaan Puncak Imlek 2571 di kota Singkawang.

Pembukaan Festival Cap Go Meh 2571 di kota Singkawang ditandai dengan pemukulan gendang di panggung kehormatan bersama Panglima Kodam XII Tanjungpura, Kapolda Kalimantan Barat, Gubernur Kalimantan Barat, Walikota Singkawang,

Turut hadir dalam event ini adalah Bupati Kapuas Hulu, Wakil Bupati Kubu Raya, mantan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, anggota DPD, dan politisi PSI,serta beberapa tokoh publik termasuk artis perfilman nasional. (das)




Loading Facebook Comments ...