Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 7 Okt 2020 21:28 WIB ·

Cari Atlet Berbakat, Gelar Pelatihan Identifikasi Bakat Siswa SMP dengan Protokol Covid-19


					Salah seorang pemateri dari UNESA,  saat memberikan materi dalam  pelatihan identifikasi bakat siswa SMP Situbondo. Perbesar

Salah seorang pemateri dari UNESA, saat memberikan materi dalam pelatihan identifikasi bakat siswa SMP Situbondo.

Situbondo,reportasenews.com – Untuk mencari atlet berbakat sejak dini, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), menggelar pelatihan identifikasi bakat siswa  SMP dalam olahraga di Kabupaten Situbondo,  Kamis  (8/10/2020).

Dalam kegiatan ini UNESA bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kejasmanian (MGMP PJOK)  SMP di Kabupaten Situbondo.

UNESA juga melakukan sosialisasi tentang Cabang Olahraga (Cabor) baru, yakni  sosialisasi  Cabor Petangue,  yang diketahui merupakan olahraga tradisional dari Negara Prancis.

Kuku Srimulyo selaku  ketua panitia  mengatakan, tercatat sebanyak 75 guru yang tergabung  dalam  MGMP PJOK SMP Negeri Situbondo, mereka  mengikuti pelatihan identifikasi bakat siswa dalam olahraga  dan sosialisasi tentang Cabor Petanque.

“Namun, karena kegiatan ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19, sehingga kami melaksanakan pelatihan dan sosialisasi ini, dengan  menerapkan prokes secara ketat. Bahkan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Rinciannya, setiap hari pesertanya dibatasi sebanyak  37 orang,”kata Kuku Srimulyo,  Kamis  (8/10/2020). 

Pria yang akrab Kuku menambahkan, dengan kegiatan pelatihan dan sosialisasi Cabor  Petanque ini, pihaknya berharap para guru PJOK SMP Negeri Situbondo, dapat mengidentifikasi bakat siswanya dibidang olahraga, sehingga diharapkan ke depan akan muncul para atlet berbakat di Kabupaten Situbondo. 

“Selain itu, kegiatan pelatihan untuk cari bakat siswa  dan sosialisasi Cabor petanque ini, juga mendapat support dari MKKS SMP Negeri Situbondo,”bebernya. 

Sementara itu, Dr  Muhamad Purnomo salah seorang dosen UNESA mengatakan, dalam melakukan kegiatan pelatihan identifikasi bakat siswa SMP, untuk menentukan bakat para siswa SMP Negeri di Situbondo dibidang olahraga pihaknya  sengaja melakukan kerjasama dengan MGMP PJOK SMP Negeri Situbondo.

“Namun, dalam melakukan riset kolaborasi bakat siswa  SMP Negeri di Situbondo, UNESA melakukan kerjasama dengan  HAN University di  Belanda. Bahkan, kegiatan ini  diinisiasi langsung Rektor UNESA Prof Dr Nurhasan, sedangkan aplikasi yang digunakan Sportkompas,”kata Dr Purnomo.

Pria yang akrab dipangil Purnomo menambahkan,  dalam menentukan bakat para siswa SMP Negeri Situbondo dibidang olahraga  ini,   merupakan riset kolaborasi antara Rektor UNESA Prof Dr Nurhasan dengan Prof Dr Juan dari HAN University Belanda. (fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Diduga Terlibat Mafia Tanah, Oknum Honorer BPN Muara Bungo Masih Disidik Polda Jambi

25 April 2024 - 20:06 WIB

Pria Asal Lumajang, Ditemukan Tewas Gantung Diri di Situbondo

25 April 2024 - 15:00 WIB

Kejari Tebo Terima Berkas Perkara Dua Tersangka Kasus Dugaan Penggelembungan Suara Pemilu 2024

25 April 2024 - 14:48 WIB

Zumi Laza Adik Kandung Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola Maju Pada Pilbup Tanjab Timur

25 April 2024 - 13:53 WIB

MUI Situbondo Tolak Wacana Eks Lokalisasi GS Dirubah Wisata Karaoke

24 April 2024 - 19:55 WIB

Pura-pura Pasang Kelambu, Bapak Cabuli Anak Kandung di Kubu Raya, Ibu Lapor Polisi

24 April 2024 - 16:12 WIB

Trending di Daerah