Search

Cari Jamur, Warga Temukan Tiga Kilogram Uang Cina Kuno

Uang logam Cina kuno yang ditemukan seorang warga. (foto yos)
Uang logam Cina kuno yang ditemukan seorang warga. (foto yos)

Blitar,  reportasenews.com – Mencari jamur usai turun hujan, seorang warga Desa Semen,  Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar justru menemukan tiga kilogram uang logam cina kuno yang telah berkarat. Jumlahnya mencapai 760 keping,  belum diketahui nilai dan tahun pembuatan uang logam kuno ini.

Informasi yang di himpun reportasenews.com menyebutkan, penemuan ratusan keping uang kuno ini bermula saat Marianto,  warga Rt 2 Rw 1 Desa Semen,  tengah mencari jamur usai turun hujan pekan lalu. Di sebelah jamur,  yang berada di pekarangan belakang rumahnya,  tercecer uang logam yang sudah berkarat. Marianto akhirnya melakukan penggalian sedalam sekitar setengah meter dengan diamater 30 cm, dan ditemukan uang logam lainya seberat 3 kg. Lokasinya berada di bawah pohon kopi,  di tengah pekarangan yang biasa tumbuh jamur saat usai turun hujan.

Marianto akhirnya melaporkan temuan ini ke Babinkamtibmas setempat, dan telah dilakukan pengecekan di lokasi.  Kepolisian juga telah melakukan olah TKP,  dan memasang garis polisi di sekitar lokasi temuan ratusan keping uang logam kuno. Polisi juga telah meminta keterangan sejumlah saksi dan warga di sekitar lokasi temuan.

Kasubag Humas Polres Blitar, AKP Purwadi yang dikonfirmasi membenarkan temuan ratusan keping uang kuno ini.

Lokasi penuan uang logam cina kuno dijaga petugas kepolisian. (foto yos)

Lokasi penuan uang logam cina kuno dijaga petugas kepolisian. (foto yos)

“Memang benar,  warga semen menemukan uang kuno di pekarangan, saat mencari jamur, ” jelas Purwadi melalui seluler kepada reportasenews.com Minggu (01/10).

Lebih jauh purwadi menjelaskan,  pihaknya akan menindaklanjuti temuan ini, dan belum diketahui asal muasal uang logam ini.

“Belum diketahui dari mana asal 3 kg uang kuno ini, serta tahun pembuatanya,  namun barang sudah diamankan di Mapolsek Gandusari,”pungkasnya.(yos) 




Loading Facebook Comments ...