Search

Cegah Covid-19, KPU Situbondo Batasi Peserta Debat Publik Paslon

Imam Nawawi


Situbondo,repportasenews.com – Untuk mencegah penyebaran Covid-19!  Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Situbondo, akan membatasi jumlah peserta dalam debat publik pasangan calon (Paslon) Cabup-Cawabup Situbondo.

Bahkan, KPU Kabupaten Situbondo  hanya mengizinkan empat orang dari tim pemenangan untuk mendampingi Paslon Cabup-Cawabup, pada kegiatan  debat publik Pilkada Situbondo Tahun 2020.Divisi Sosdikli Parmas dan SDM KPU Kabupaten Situbondo Imam Nawawi  mengatakan, karena debat publik Paslon Cabup-Cawabup Situbondo itu,  dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19.

“Sehingga plaksanaan debat publik tersebut, kami akan  menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sesuai Peraturan KPU 13/2020. Kami juga   menetapkan pembatasan peserta yang hadir. dalam acara debat publik,” ujar Imam Nawawi, Senin (5/10/2020).

Menurutnya, dalam debat publik tersebut, masing-masing Paslon ,hanya memperoleh jatah empat orang dari tim pemenangannya, untuk menghadiri dan mendampinginya acara debat publik yang akan disiarkan langsung lewat salah satu televisi swasta.

“Karena jumlah total  yang diperbolehkan hadil dalam  pelaksanaan debat publik dua cabup dan cawabup sebanyak 19 orang peserta, termasuk komisioner KPU lima orang, Bawaslu dua orang, dua pasangan calon serta empat orang  tim pemenangan dari masing-masing paslon,”bebernya.

Imam menegaskan, debat publik pertama itu  akan mengangkat tema strategi peningkatan kesejahteraan dan pelayanan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Tema debat publik perdana ini sesuai saran dari Menteri Dalam Negeri mengenai penanganan Covid-19,”imbuhnya.
Imam  menambahkan, debat publik akan dilaksanakan tiga kali selama masa kampanye dengan tema yang berbeda, dan debat publik yang pertama dilaksanakan pada 10 Oktober 2020.

“Acara debat publik bisa disiarkan langsung, dan KPU memfasilitasi nonton bareng di masing-masing posko pemenangan Paslon Cabup-Cawabup tersebut,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...