Jumat, 20 Januari 2017

Cegah Penyebaran Virus Zika, Penumpang Pesawat Bandara Soetta Di Periksa

Cegah Penyebaran Virus Zika, Penumpang Pesawat Bandara Soetta Di Periksa
Petugas KKP Pantau Penumpang Melalui Thermo Scanner Alat Pendeteksi Suhu Tubuh

TANGERANG – RN.COM, Kantor kesehatan pelabuhan wilayah Bandara Sokarno – Hatta, Tangerang gunakan alat pendeteksi suhu tubuh  sebagai upaya pencegahan masuknya Virus Zika melalui penumpang pesawat sehabis berpergian dari luar negeri. Kamis (1/9).

Langkah tersebut dilakukan terkait adanya Travel Advisory atau pemberitahuan terkait penumpang yang baru tiba dari negara berstatus k-l-b virus zika oleh menteri kesehatan.

Thermo scanner atau alat pendeteksi suhu tubuh bekerja dengan cara mendeteksi suhu para penumpang  jika suhu tubuh di atas 38 derajat.

Penumpang yang turun akan melewati thermoscan jadi jika ada penumpang atau calon penumpang yang terindikasi maka petugas langsung melakukan penanganan di larikan ke rumah sakit terdekat.

“Memang sejak febuari 2016 kita ketahui sudah ada penyebaran Virus Zika di beberapa negara di dunia.  Di negara tetangga ada 41 orang positif.  Sehingga menkes Intruksikan  meningkatkan kewaspadaan di pintu masuk negara (bandara Soetta),” ujar Susanto kepala KKP Bandara Soekarno-Hatta.

Virus Zika termasuk didalam garis virus flavivirus masih keluarga yang sama dengan penyakit dengue atau demam berdarah. Virus Zika di sebarkan oleh nyamuk aedes, bagi yang terinfeksi terutama wanita hamil dapat menyebabkan otak dan kepala mengecil.

Hingga saat ini penyebaran Virus Zika sudah sampai ke negara asia, salah satunya Singapure  terbukti sudah ada warganya yang terjangkit. (TA)

 

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel Reportase News. Untuk mendapatkan informasi terupdate, silakan berlangganan newsletter kami melalui kolom email di bawah ini.

No Responses

Loading Facebook Comments ...