Search

CJH Tertua Asal Kabupaten Pasuruan Siap Berangkat Tahun Ini

Halimah seorang janda tua yang siap akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. (Foto/abd)
Halimah seorang janda tua yang siap akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. (Foto/abd)
Pasuruan, reportasenews.com – Bermula dari ketekunannya untuk selalu menabung, Halimah (94) janda tua asal Desa Sambisirah, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, Jatim, dipastikan akan berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah Suci Makkah pada musim haji tahun 2018 ini. Meski kondisinya sudah uzur, namun tetap sehat dan bersemangat untuk berhaji.
Ia terdaftar sebagai Calon Jamaah Haji (CJH) tertua di Kemenag Kabupaten Pasuruan. Meski usianya hampir seabad, namun baginya menunaikan ibadah haji merupakan masa yang ditunggu-tunggu selama 8 tahun.”Saya sudah siap lahir batin mau berangkat haji tahun ini,” ujar Halimah, saat ditemui wartawan di rumahnya, Rabu (18/7/2018).
Nenek yang lahir 5 Juni 1924 silam ini tinggal sendirian di rumahnya, setelah Djuari suaminya meninggal lantaran sakit beberapa tahun lalu. Sementara dua anaknya juga sudah berkeluarga dan tinggal tak jauh dari rumahnya. Meski hidup sendiri, keinginan menjalankan Rukun Islam yang ke lima tersebut sudah diniatinya sejak 8 tahun yang lalu, hingga keinginannya terkabul.
Pekerjaan sehari-hari Halimah sebagai pedagang kecil yakni menjual sayur dan ikan. Bahkan kopi di depan rumahnya berupa toko kecil berukuran 2 meter persegi menjadi tumpuannya selama ini. Dari usaha itulah ia dapat menabung untuk bisa beribadah haji selama 8 tahun telah terlunasi. Ia berangkat tahun ini dengan kloter 18 Embarkasi Surabaya.
Sementara untuk menjaga kondisi fisiknya, ia harus jalan kaki keliling di sekitar rumahnya, juga sebagai salah satu aktivitasnya. Sekaligus juga aktivitasnya berjualan membuatnya kuat.”Saya berangkat sendirian pada hari minggu depan seluruh pakaian dan keperluan ibadah haji sudah dikemas dalam tas niatnya ibadah haji sudah terkabul sejak delapan tahun yang lalu,” tutup dia. (abd)



Loading Facebook Comments ...