Search

Cuaca Buruk, 9 Pendaki Terjebak di Puncak Kelud

Puncak Gunung Kelud (foto:ist)
Puncak Gunung Kelud (foto:ist)

Blitar, reportasenews.com – Sembilan orang pendaki asal Blitar dan luar kota,  dikabarkan terjebak di kawasan puncak gunung Kelud,  akibat cuaca buruk, Senin malam (06/11).

Seorang diantaranya pendaki perempuan pingsan, satu perempuan lainya dalam kondisi lemas. Mereka membutuhkan bantuan agar dievakuasi dari puncak,  karena tidak bisa turun ke base camp akibat cuaca buruk.  Dari sembilan pendaki ini, empat diantaranya laki laki sementara sisanya perempuan.

Informasi yang dihimpun reportasenews.com menyebutkan,  sembilan orang ini naik ke Gunung Kelud dari jalur desa Tulungrejo,  kecamatan Gandusari, kabupaten Blitar, Senin sekitar pukul 09.00 wib. Mereka melakukan pendakian namun terjebak di kawasan puncak karena cuaca buruk,  akibat hujan deras. 

Seorang pendaki mengalami sakit,  atas nama effendy, warga Gadungan,  Gandusari Blitar. Sementara,  seorang pendaki perempuan atas nama Nany dari Surabaya pingsan sejak pukul tiga sore,  sedangkan seorang perempuan lagi,  Shanty kondisinya terus melemah.

Kasubag Humas Polres Blitar, AKP Purwadi,  yang dikonfirmasi membenarkan kejadian ini. “laporan awal datang dari saudara dari salah satu pendaki yaitu atas nama Yuswa, laki2, yang datang melapor ke Polsek jam 18.00 wib,”terang Purwadi.

Sementara,  informasi dari BPBD Kabupaten Blitar,  telah menurunkan tim dibantu dengan petugas unit sabhara polres Blitar.  Mereka menuju polsek Ggandusari,  untuk selanjutnya berkoordinasi melakukan upaya evakuasi.

Selain itu,  petugas pos pantau Gunung Kelud memberikan informasi bahwa mereka berada di kawasan puncak Kelud.

“mereka berjumlah 7 orang, 1 orang pingsan, 2 orang lemas,  1 orang sesak,
Posisi mereka di areal sumbing,”terang khoirul, petugas pantau gunungbkelud yang biasa disapa mbah kelud ini melalui selulernya.

Sementara,  petugas basarnar trenggalek,  Dyan susetyo yang dikonfirmasi melalui selulernya,  juga membenarkan peristiwa ini.  Petugas basarnas masih meluncur ke blitar untuk membantu evakuasi.

“Kami sudah menerima informasi ini,  dan akan kami teruskan kekantor, “pungkasnya.

Hingga malam ini belum diketahui,  apakah akan dilakukan pendakian oleh tim evakuasi malam ini atau besuk pagi.(yos)




Loading Facebook Comments ...