Search

Curi Kayu Jati, Buruh Tani Ditangkap di Situbondo 

Barang bukti kayu jati curian yang diamankan petugas di Mapolres Situbondo. (foto:fat)
Barang bukti kayu jati curian yang diamankan petugas di Mapolres Situbondo. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Berdalih untuk memperbaiki kandang ternaknya, seorang warga bernama Sariman (33), warga Desa Sumber Pinang, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo, nekat mencuri kayu jati milik Perhutani, Rabu (23/10/2019).
Akibat perbuatan nekatnya, pria yang berprofesi sebagai buruh tani itu ditangkap oleh petugas gabungan  di rumahnya. Selain itu, petugas gabungan juga berhasil mengamankan barang bukti puluhan lonjor kayu jati, dengan panjang sekitar dua meter lebih.
Selanjutnya, untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut, tersangka Sariman berikut barang bukti puluhan lonjor kayu jati hasil curiannya, mereka langsung digelandang ke Mapolres Situbondo.
“Yang saya potong itu cuma satu pohon dan langsung di proses. Rencananya untuk memperbaiki kandang sapi yang sudah rusak, bukan untuk dijual,”kata Sariman di Mapolres Situbondo, Rabu (23/10/2019).
Diperoleh keterangan, sebelum melakukan  penangkapan terhadap tersangka Sariman, petugas Perhutani mendapat informasi dari warga setempat yang menyebut ada seseorang sedang menebang pohon kayu jati dengan menggunakan mesin.
Mendapat laporan adanya pencurian kayu jati, petugas langsung mendatangi lokasi kejadian. Bahkan, petugas mendapati pelaku sedang memotongi kayu jati, sehingga tanpa melakukan perlawanan, petugas gabungan berhasil mengamankan tersangka bersama barang buktinya.
Kasubag humas polres Situbondo, Iptu Ali Nuri membenarkan adanya pelaku pencurian kayu jati milik Perhutani berinisial SR yang sudah diamankan dan masih dalam pemeriksaan.
“Pelaku bersama barang buktinya sudah kita amankan. Sekarang yang bersangkutan masih menjalani pemeriksaan. Selain itu, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka langsung dijebloskan ke sela Mapolres Situbondo,”ujar Iptu Ali Nuri.(fat)



Loading Facebook Comments ...