Search

Dampak Virus Corona, Harga Bawang Putih di Pasar Situbondo Tembus Rp.55 ribu Perkilogram

Salah seorang pedagang di pasar mimbaan baru Situbondo. (foto:fat)
Salah seorang pedagang di pasar mimbaan baru Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Penyebaran virus corona dari China itu, berdampak langsung terhadap beberapa negara di dunia, salah satunya Indonesia yang berdampak langsung terhadap harga komoditi bawang putih yang berasal dari China.

Bahkan,  dalam sepekan terakhir ini, harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Situbondo mencapai Rp.55 perkilogram. Padahal sebelumnya, harga bawang putih hanya dalam kisaran  Rp.32 perkilogram.

Kiki Nur Safiatin, salah seorang pedagang peracangan di Pasar Mimbaan Baru, Situbondo mengatakan, harga bawang putih mulai merangkak naik dalam sepekan terakhir ini. Padahal, sebelumnya harga bawang putih hanya sebesar Rp.32 ribu perkilogramnya.

“Semalam harga bawang putih  masih  dengan harga Rp45 ribu,  namun saat  ini  harganya sudah tembus Rp55 ribu per kilogram,” ujar Kiki Nur Safiatin, Senin (3/1/2020).

Menurutnya ,  makin mahalnya  harga bahan pokok, hal itu akan berdampak langsung terhadap  penghasilan  para pedagang peracangan. Sebab pembeli akan mengurangi membeli bahan yang menjadi pokoknya setiap hari  tersebut, biasanya  seorang pembeli  1 kilogram, namun dengan naiknya harga itu akan  menurun menjadi 1/2 kilogram.”Semakin mahal harga bahan pokok, semakin kecil keuntungan saya,”beber Kiki.

Sementara itu,  Aris Widodo, yang juga penjual peracangan di pasar Mimbaan mengaku bahwa stok bawang putih tidak berkurang, namun harganya melonjak tajam.”Stoknya sama seperti sebelumnya, hanya harganya tiba-tiba naik tajam. Padahal sebelumnya masih normal, sekitar Rp30 ribu per kilogram,” terangnya.

Pantauan reportasenews.com dilapangan, selain harga bawang putih yang mulai merangkak naik, namun dalam sepekan terakhir ini, harga  cabai kecil mulai merangkak naik, yakni dikisaran harga Rp75 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya dalam kisaran Rp.60 ribu.

Selain itu, harga cabai besar juga mulai merangkak naik menjadi Rp.75 ribu perkilomnya. Padahal sebelumnya hanya dalam kisaran Rp.65 ribu perkilogramnya. Sedangkan untuk harga bahan pokok lainnya seperti kentang, kubis dan wortel masih terpantau normal di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Situbondo.(fat)

 




Loading Facebook Comments ...