Search

Demi Ketemu Risma, Kakek Ini Jalan 300 Kilo Meter Menggunakan Egrang

Yudi Karyono, seorang raja egrang dari Yogyakarta
Yudi Karyono, seorang raja egrang dari Yogyakarta

SURABAYA RN.COM – Yudi Karyono, seorang raja egrang dari Yogyakarta akhirnya tiba di surabaya  minggu malam (04/9).

Pria paruh baya tersebut telah menempuh jarak 300 kilo lebih selama 18 hari berjalan menggunakan egrang,dari Yogyakarta ke Surabaya untuk bertemu  dengan Tri Rismaharini dengan tujuan agar permainan egrang tetap dilestarikan.

Meski raut wajah terlihat lelah, Yudi Karyono tetap semangat berjalan menggunakan egrang kesayanganya menyusuri jalan raya Ahmad Yani Surabaya.

Pria berusia 53 tahun ini jauh-jauh datang dari Yogyakarta ke Surabaya karena ingin menyampaikan kepada Risma agar permainan tradisional egrang terus dilestarikan, mengingat generasi muda saat ini lebih condong gemar permainan teknologi moderen, sehingga permainan tradisional terlupakan.

Mengapa Risma yang dipilih, Yudi Karyono mengaku , karena Risma adalah sosok pemimpin yang peduli terhadap kaum bawah.

Kakek satu cucu ini juga ingin menyampaikan sebuah filosofi dari permainan egrang, dimana seorang pemimpin harus bersatu dengan rakyatnya, agar tercapai kemajuan yang diinginkan.

“Adanya orang atas pasti ada orang bawah, dan orang bawah dengan orang atas harus bersatu supaya bisa berdiri” ujar warga panembahan Yogyakarta ini.

Aksi penuh semangat dan perjuangan dari Yudi Karyono untuk berjalan menggunakan egrang dari Yogyakarta ke Surabaya ini sendiri mendapat apresiasi dan membuat salut warga  surabaya yang tertarik melihat aksi dari Yudi.

“Ya dengan usaha seperti ini mungkin bu Risma akan menerima , saya salut sekali,” ujar Muhammad Alif seorang mahasiswa asal Surabaya.

Yudi Karyono sendiri berangkat dari Yogyakarta pada tanggal 17 Agustus 2016 lalu, setelah 18 hari perjalanan , akhirnya sampai di Surabaya.

Rencananya mbah Yudi sapaan akrab Yudi Karyono akan menemui walikota Surabaya Tri Rismaharini di balai kota Surabaya pada hari Selasa besok untuk menggenapkan perjalanannya selama 20 hari.

Aksi ini merupakan aksi yang ke-2 dari Yudi Karyono, setelah pada tahun 2015 lalu berjalan menggunakan egrang dari Yogyakarta ke Jakarta untuk bertemu dengan presiden Joko Widodo.(WPP)




Loading Facebook Comments ...