Search

Depok Kurang Ratusan Guru SD dan SMP 

Ilustrasi. (foto:ist)
Ilustrasi. (foto:ist)
Depok,repoortasenews.com  – Pemerintah Kota Depok membutuhkan ratusan orang guru untuk sekolah dasar negeri (SDN) dan sekolah menengah pertama negeri (SMPN). Salah satu cara dilakukan dengan merekrut tenaga honorer.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kota Depok, Supian Suri mengungkapkan, saat ini Kota Depok mengalami kekurangan guru SDN dan SMPN. Jumlah kekurangan guru baik itu di SDN dan SMPN mencapai ratusan.

“Cukup banyak kekurangannya. Ada sebanyak 832 orang,” kata Supian saat dihubungi, Rabu (10/7/2019).

Kekurangan tersebut, kata dia, disebabkan adanya yang pensiun dan meninggal. Oleh karenanya, untuk memenuhi kekurangan guru Pemkot Depok mengusulkan penambahan ratusan aparatur sipil negara (ASN) guru kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). “Kami sudah mengajukan,” ujarnya.

Supian menjelaskan, untuk tingkat SDN jumlah guru yang tersedia di Kota Depok sebanyak 3.711 guru. Mereka mengajar di 262 SDN dengan jumlah rombongan belajar (rombel) 3.468. “Jadi, kekurangannya sebanyak 281 orang guru SDN. Ditambah kekurangan 551 guru SMPN. Kalau diakumulasi mencapai 832 orang,” paparnya.

Selain pensiun dan meninggal, masih kata dia, pengajuan penambahan guru juga dikarenakan di sejumlah sekolah ditemukan hanya terdapat 2 sampai 3 orang guru berstatus ASN. “Itu kan ironis. Masa di satu sekolah ada yang guru berstatus ASN-nya cuma kepala sekolah, sedangkan sisanya berstatus honorer,” sebutnya. (jan/ltf)




Loading Facebook Comments ...