Menu

Mode Gelap

Daerah · 17 Nov 2017 16:06 WIB ·

Dewan Kesenian Depok Gelar Lenong Betawi


					DKD akan gelar kesenian lenong betawi (foto:ltf) Perbesar

DKD akan gelar kesenian lenong betawi (foto:ltf)

Depok, reportasenews.com – Dewan Kesenian Depok (DKD) bersama Sanggar Betawi Ngumpul, Sabtu (18/11) akan menggelar acara Lenong Betawi di Panggung Betawi Ngumpul, Jalan Tanah Baru No 74, Beji, Depok, Jawa Barat.

Ketua DKD Nuroji mengatakan, pertunjukan lenong tersebut merupakan salah satu upaya dari para pegiat seni di Depok untuk melestarikan warisan budaya yang hampir tergerus zaman.

“Pertunjukan lenong Betawi ini merupakan salah satu acara dari beberapa kegiatan yang digelar DKD, terutama Komite Tradisi. Beberapa komite lain sudah menggelar kegiatan seperti workshop, diskusi, seminar, dan lain-lain,” kata Nuroji ketika ditemui di Sanggar Betawi Ngumpul, Jumat (17/11).

Dalam kegiatan tersebut, Nuroji juga ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa lenong bukan sekadar guyonan belaka, melainkan mengandung nilai-nilai historis yang patut direnungkan.

“Lenong punya pakem, sama seperti ludruk, ketoprak, atau wayang kulit. Insya Allah, lenong yang akan ditampilkan nanti akan mengikuti pakem lenong sebenarnya. Jadi, gak asal ngelenong aja,” kata lelaki yang juga merupakan anggota Komisi X DPR RI bidang Pendidikan, Kebudayaan.

Nuroji berharap, dengan melibatkan beberapa seniman kenamaan dan bekerja sama Betawi Ngumpul ini, kesenian tradisional betawi dapat terus dinikmati generasi kekinian. “Saya hanya berupaya untuk melestarikan kesenian tradisional asli yang belum dikembangkan,” katanya.

Pada pertunjukan ini, DKD bakal menampilkan beberapa tokoh lokal yang merupakan para pejuang kota Depok masa silam. yaitu tokoh pejuang dari Tanah Baru bernama Daeran alias Mat Depok. (ltf).

“Tidak hanya menyaksikan, masyarakat juga harus menyimak cerita yang ditampilkan biar tau bagai mana sejarah betawi di Kota Depok Ini.” Jelasnya.(ltf)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

IPW Dorong Perseteruan Perwira Polri Dengan Mertua dan Adik Iparnya Diakhiri Secara Damai

27 Mei 2022 - 22:17 WIB

DPDR Gelar Paripurna PAW Anggota Fraksi PDIP Sisa Masa Jabatan 2019-2024

27 Mei 2022 - 19:44 WIB

IPW Minta Presiden Jokowi Perintahkan Panglima TNI Jelaskan Penghentian Kasus Korupsi Pengadaan Helikopter AW-101

27 Mei 2022 - 17:10 WIB

Pastikan Keamanan Perayaan Kenaikan Isa Al Masih, Polres Ngawi Perketat Gereja

26 Mei 2022 - 17:12 WIB

Gairahkan Otomotif Ngawi Lebih Bergengsi, Black Hoe Racing Team Hadir Ditengah Masyarakat

25 Mei 2022 - 16:24 WIB

Presiden Buka Forum Kebencanaan GPDRR di Bali

25 Mei 2022 - 14:45 WIB

Trending di Nasional