Search

Dharma Wanita Kemenkeu Kepri Peduli Kanker Serviks dan Payudara

Aksi peduli kanker serviks dan payudara oleh Dharm Wanita Kemenkeu RI Kepri di Batam. (foto: gus)
Aksi peduli kanker serviks dan payudara oleh Dharm Wanita Kemenkeu RI Kepri di Batam. (foto: gus)

Batam, reportasenews.com – Dharma Wanita Kemenkeu RI Perwakilan Kepulauan Riau peduli kanker serviks dan payudara. Dharma Wanita Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) Perwakilan Kepulauan Riau melaksanakan bhakti sosial kampanye peduli kanker serviks dan payudara di Puskesmas Botania,Kota Batam Rabu (25/10).

Menurut Kabid (BKLI) Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi KPU Tipe B Bea dan Cukai Batam, Raden Evy Suhartantyo mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sekaligus dalam rangka menyambut Hari Oeang ke-71 yang jatuh setiap tanggal 30 Oktober. Layanan pemeriksaan inspeksi visual asam asetat (IVA) secara gratis menjadi salah satu rangkaian acara yang dimulai, Rabu (25/10).

Sesuai dengan instruksi Organisasi Aksi Soladiritas Era Kabinet Kerja (Oase) yang menyampaikan bahwa Oktober 2017 diperingati sebagai Bulan Deteksi Dini dengan tema “Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker”.

Dharma Wanita setiap Kementerian dianjurkan untuk aktif menggelar tes IVA. Kurangnya kesadaran untuk deteksi dini menjadi salah satu penyebab tingginya kematian perempuan di Indonesia akibat kedua kanker ini.

Oleh sebab itu Wida Hadiyanto, istri Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemenkeu RI Hadiyanto mengatakan para wanita Indonesia harus rajin melakukan periksa payudara sendiri dan pemeriksaan payudara klinis (sadanis) sebagai antisipasi awal gejala kanker.

Lebih lanjut Wida menambahkan kegiatan ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo agar warga lebih peduli mejaga kesehatan dan gaya hidupnya untuk mewujudkan pembentukan sumber daya manusia Indonesia yang unggul. “Mencegah lebih baik dari mengobati “jelas Wida.

Mewakili Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam dr. Jeni Irjani Komariah mengucapkan terima kasih atas kegiatan ini karena penting untuk meningkatkan derajat kesehatan khususnya di Kota Batam.

“Tes IVA ini mudah, bisa dilakukan dimana saja,” jelas Jeni selaku Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Batam ini.

“Apabila Setiap Wanita itu memeriksa IVA satu tahun sekali saja, itu sudah bisa menolong kita mendeteksi secara dini (kanker serviks dan payudara),” katanya.

Kepala Kanwil DJP Riau dan Kepulauan Riau Jatnika mewakili pejabat Kemenkeu RI Perwakilan Kepulauan Riau dalam sambutannya mengapresiasi pihak-pihak yang telah bekerja sama mewujudkan kegiatan ini. “Acara ini akan kita laksanakan secara rutin setiap tahun dalam rangka peringatan Hari Oeang Ke-71.”

Layanan tes IVA yang diselenggarakan cukup menarik perhatian. Sebanyak 80 orang peserta baik pegawai wanita, istri pegawai, dan masyarakat umum mendaftarkan diri dalam pemeriksaan pengendalian kanker serviks dan payudara ini.

Sebelumnya para hadirin telah menerima materi singkat gejala dan bahaya kanker serviks dan payudara yang disampaikan narasumber dari Dinkes Batam.

Pemberian plakat sebagai kenang-kenangan menjadi penutup acara yang diserahkan langsung perwakilan Dharma Wanita Kemenkeu RI Wida Hadiyanto kepada dr. Jeni mewakili Dinkes Batam.

Selain Batam, kegiatan ini dilaksanakan serentak di delapan kota sepanjang Oktober 2017 yaitu Banda Aceh, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Pontianak, Semarang, dan Solo.(gus)




Loading Facebook Comments ...