Minggu, 22 Januari 2017

Dibayangi Rapat RBA dan RBI, Indeks Bursa Asia Naik Tipis

Dibayangi Rapat RBA dan RBI, Indeks Bursa Asia Naik Tipis
Foto: Ilustrasi

TOKYO, REPORTASE – Indeks Bursa Asia mampu mendaki meski dibayangi sentimen dari rapat dewan gubernur bank sentral Australia, Reserve Bank of Australia (RBA) dan bank sentral India, Reserve Bank of India (RBI).

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 09.16 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% menjadi 140,74. Sedangkan indeks ASX 200 Australia turun 0,4%. Sektor industri dasar menekan kinerja indeks dengan penurunan 0,96%. Demikian pula halnya dengan sektor finansial yang turun 0,33%.

Sedangkan indeks Nikkei Jepang naik 0,58%. Adapun indeks Kospi Korea Selatan naik 0,47%. Rapat dewan gubernur RBI dan RBA sejatinya masih membayangi pergerakan indeks bursa. RBA misalnya, akan mengumumkan kebijakan suku bunga pertamanya di bawah kepemimpinan Gubernur RBA yang baru, Philip Lowe.

“RBA kemungkinan akan menahan suku bunga acuannya untuk dua bulan beruntun di level 1,5%,” kata Shane Oliver, Head of Investment Strategy and Chief Economist AMP Capital.

Sementara itu, RBI juga akan mengumumkan kebijakan suku bunga perdana di bawah kepemimpinan Gubernur baru Urjit Patel. Analis bursa menilai, Patel memiliki banyak peluru untuk menjaga kestabilan ekonomi India dan kemungkinan akan mempertahankan kebijakan suku bunga gubernur bank sentral sebelumnya. (Gah)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel Reportase News. Untuk mendapatkan informasi terupdate, silakan berlangganan newsletter kami melalui kolom email di bawah ini.

No Responses

Loading Facebook Comments ...