Search

Difasilitasi Pemprov Sulbar, 18 Pekerja Migrannya Dipulangkan dengan Pesawat

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memulangkan 18 Pekerja Migran Indonesia asal Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah. (foto:das)

Kubu Raya, reportasenews.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memulangkan 18 Pekerja Migran Indonesia asal Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah. Mereka adalah bagian dari gelombang pemulangan PMI-B yang dideportasi Malaysia sejak Maret – Mei 2020.

Yuline Marhaeni mengatakan, sejak Mei 2020 hingga per hari ini Kamis (11/6/2020) telah memulangkan PMI B berjumlah 2.066 orang ke daerah asalnya di luar Kalimantan Barat. Dan yang masih menunggu pemulangan berjumlah 209 orang PMI-B.

“Pemulangan PMI-B hari ini difasilitasi pemerintah provinsi Sulawesi Barat, dengan pesawat Citilink dari Bandara Internasional Supadio,” kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat, Yuline Marhaeni, di Bandara Internasional Supadio.

Para PMI -B ini yang dipulangkan hari ini seluruhnya berasal dari Sulawesi Barat 17 orang dan Sulawesi Tengah 1 orang. Mereka difasilitasi oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, termasuk difasilitasi untuk mengikuti rapid test hingga dilakukan uji swab atau RT-PCR.

“Hasil rapid test dan swab mereka, hasilnya non reaktif, ” ujar Yuline.

Namun ada 3 PMI B asal Sulawesi Selatan yang hasil rapid testnya reaktif sehingga diharuskan menjalani masa isolasi selama 14 hari sesuai protokol kesehatan.

“Dalam waktu dekat, PMI B asal Sulawesi Selatan juga akan dipulangkan, namun kami masih koordinasi dengan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan, apakah menggunakan pesawat komersil atau Hercules,” terangnya.

Saat ini Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat memfasilitasi para PMI-B ini untuk ditampung sementara di tiga tempat yakni shelter Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat, Asrama UPT. Balai Latihan Kerja Industri Disnakertan Provinsi Kalimantan Barat. (das)




Loading Facebook Comments ...