Search

Dijerat Pasal Sama, Vonis Pemakai Ganja di PN Depok Timpang  

Suasana sidang di Pengadilan Negeri (PN) Depok. (foto:ltf)
Suasana sidang di Pengadilan Negeri (PN) Depok. (foto:ltf)

Depok,reportasenews.com – Dua terdakwa perkara narkotika jenis ganja dijatuhi hukuman secara berbeda di Pengadilan Negeri (PN) Depok. Kedua terdakwa itu atas nama Christoper Kevin alias Tompel dan Dimas Seno alias Banteng. Padahal, baik Christoper Kevin maupun Dimas Seno dikenakan Pasal 127 Ayat 1 huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dalam amar putusan yang dibacakan majelis hakim Rizky Mubarak Nazario dengan anggota I Putu Adi Antara dan Yulinda Tri Murti Asih Muryati menyatakan, terdakwa Christoper Kevin telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika bagi diri sendiri sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 127 Ayat 1 huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan hukuman penjara selama delapan bulan. Menyatakan barang bukti berupa satu bungkus rokok Sampoerna Mild yang berisi satu bungkus kertas warna cokelat berisi ganja yang setelah dilakukan pemeriksaan dilaboratorium seberat 3,8616 gram dan satu buah I-Phone Six merk Apple warna abu-abu dengan nomor SIM Card 08161614356 dirampas untuk dimusnahkan.

Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) Firman Wahyu Oktavian menuntut terdakwa Christoper Kevin terbukti bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis tanaman sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 127 Ayat 1 huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa selama selama satu tahun. Menyatakan barang bukti berupa satu bungkus rokok Sampoerna Mild yang berisi satu bungkus kertas warna cokelat berisi ganja yang setelah dilakukan pemeriksaan dilaboratorium seberat 3,8616 gram dan satu buah I-Phone Six merk Apple warna abu-abu dengan nomor SIM Card 08161614356 dirampas untuk dimusnahkan.

Perbedaan itu terlihat dengan putusan yang dijatuhi majelis hakim Sobandi dengan anggota I Putu Adi Antara dan Yulinda Tri Murti Asih Muryati terhadap terdakwa Dimas Seno. Yang dimana Dimas Seno dinyatakan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis tanaman bagi diri sendiri sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 127 Ayat 1 huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa selama dua tahun. Menetapkan barang bukti berupa satu bungkus plastik bening berisikan bahan atau daun yang setelah dilakukan pemeriksaan dilaboratorium dengan berat 2,2670 gram dirampas untuk dimusnahkan.

Sebelumnya, JPU Sri Wiyanti menuntut terdakwa Dimas Seno terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis tanaman bagi diri sendiri sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 127 Ayat 1 huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa selama dua tahun dan tiga bulan penjara. Menetapkan barang bukti berupa satu bungkus plastik bening berisikan bahan atau daun yang setelah dilakukan pemeriksaan dilaboratorium dengan berat 2,2670 gram dirampas untuk dimusnahkan.

Terdakwa Christoper Kevin dan Dimas Seno dihadirkan ke dalam persidangan dengan dakwaan alternatif. Kesatu, Pasal 111 Ayat 1 UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan kedua, Pasal 127 Ayat 1 huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (jan/ltf)




Loading Facebook Comments ...