Search

Ini yang Dilakukan Menteri Susi dalam Kunjungannya ke Probolinggo

Menteri Susi saat ngobrol dengan sejumlah nelayan di Probolinggo Jawa Timur.(foto: dic)
Menteri Susi saat ngobrol dengan sejumlah nelayan di Probolinggo Jawa Timur.(foto: dic)

Probolinggo, reportasenews.com – Kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, ke Probolinggo Jawa Timur, langsung menemui para nelayan cantrang, di Pelabuhan Mayangan Kota Probolinggo, Rabu (14/2/2018).

Kedatangan Menteri Susi, langsung disambut hangat oleh puluhan nelayan. Bahkan ia sempat berbincang banyak dan ngopi bareng dengan para nelayan. Kedatangn Susi untuk mengunjungi beberap tempat, yakni Pelabuhan Perikanan Payangan, Pulau Gili Ketapang, dan melihat kemunculan hiu tutul.

Sembari berdialog, Susi diberondong pertanyaan seputar regulasi alat tangkap cantrang. Susi menghimbau  kepada nelayan cantrang untuk melengkapi surat-surat terlebih dahulu. Tujuannya, agar nelayan aman ketika berada di lautan.

“Ini merupakan suatu kebijakan yang saya keluarkan, tujuannya tak lain untuk melindungi masyarakat nelayan dari pencurian ikan nelayan asing. Termasuk dengan harus mengganti peralatan tangkap ikan,”tutur Susi, kepada puluhan nelayan.

Susi juga menyebut, agar nelayan mengganti jaring cantrang yang selama ini digunakan, dengan alat tangkap yang lebih bersahabat dan ramah lingkungan. Jika nelayan kekurangan modal kata dia, silahkan para nelayan tersebut untuk mengajukan pinjaman.

“Setiap harinya, ada sekitar 300 ton ikan dari perairan timur Indonesia yang masuk ke pelabuhan Probolinggo. Hasil tangkapannya pun beragam. Mulai dari kakap merah, krisi, dan lain sebagainya. Dimana hasil tangkapan nelayan itu, jauh lebih banyak sekarang,”terangnya.

Lebih lanjut, Susi mengatakan, pihaknya tak segan untuk  membantu apa yang menjadi keluhan nelayan, misalnya pembangunan dermaga, atau fasilitas lainnya yang sekiranya nelayan berkembang.

”Di Kabupaten Probolinggo, saat ini  para nelayan sudah bebas memakai cantrang,”tutupnya.(dic)




Loading Facebook Comments ...