Search

Dilanda Kekeringan, BPBD Distribusikan Air Bersih ke Beberapa Dusun di Situbondo

BPBD Situbondo mendistribusikan air bersih di sejumlah dusun yang dilanda kekeringan. (foto:fat)
BPBD Situbondo mendistribusikan air bersih di sejumlah dusun yang dilanda kekeringan. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Untuk mengantisipasi kekurangan air bersih, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, mulai mendistribusikan air bersih  ke sejumlah daerah terpencil di Kabupaten Situbondo.
Namun, kali ini, petugas BPBD Kabupaten Situbondo, mendistribusikan air bersih  ke Dusun Bendusa, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Situbondo, karena ratusan KK di daerah terpencil tersebut, mereka mengaku mulai krisis air bersih pada musim kemarau tahun 2019 ini.
Bahkan, begitu mengetahui truk tangki yang mengangkut air bersih sebanyak 5000 liter datang, puluhan warga  yang sebelumnya  antri sejak pagi hari, mereka terlihat  langsung berebutan  untuk mendapatkan jatah air bersih dari BPBD Kabupaten Situbondo.
Karina (53), salah seorang warga   Dusun Bendusa, Desa Jatisari mengatakan, dirinya bersama puluhan warga yang lain antri sejak pagi, hanya untuk mendapatkan jatah air bersih bantuan dari Pemkab Situbondo, karena dalam  satu minggu terakhir ini, ratusan warga mulai mengalami krisis air bersih, akibat banyaknya sumur dan sumber mata air yang mulai kering.
“Diakui, dalam satu minggu terakhir ini, ratusan warga mulai  mengalami krisis bersih, akibat sumur milik warga mulai kering dan sejumlah sumber mata air juga mulai kering, sehingga begitu ada bantuan air bersih, ratusan warga langsung berebutan untuk mendapat jatah air bersih tersebut,”ujar Karina, Senin (22/7/2019).
Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo Agus Fauzi mengatakan, berdasarkan permintaan sejumlah camat di Situbondo, pada akhir Juli 2019 ini ada beberapa desa yang sudah mengalami krisis air bersih, sehingga untuk krisis bersih yang lebih parah lagi, BPBD Situbondo mulai mendistribusikan air bersih.
“Untuk kali ini, kami mendistrisbusikan air bersih ke Dusun Bendusa, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa,”kata Agus Fauzi.
Menurutnya, berdasarkan permintaan air bersih dari camat, hingga kini tiga dusun pada tiga desa yang tersebar pada tiga kecamatan di Situbondo, yang mengalami krisis air pada musim kemarau tahun 2019 ini, yakni Dusu Jambaran, Desa Palangan, Kecamatan Sumbermalang, dan Dusun Jerukan, Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan.
“Selain itu, ratusan kepala keluarga (KK) di Dusun Bendusa, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa. Untuk mengantisipasi krisis air bersih pada tiga dusun tersebut, BPBD Situbondo akan mendistribusikan air bersih tersebut secara bergantian,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...