Search

Dinas Kehutanan Sita 4 Truk Kayu Ilegal

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jaap Ormuseray. ( foto : riy )
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jaap Ormuseray. ( foto : riy )

 

Jayapura, reportasenews.com – Dinas Kehutanan Provinsi papua berhasil mengamankan empat truk kayu ilegal yang akan dibawa ke sejumlah sawmill di wilayah Kota Jayapura. 

 

Satuan polisi kehutanan dibantu personil brimob Polda Papua ini kemudian membawa empat truk yang mengangkut sedikitnya 292 batang kayu ini ke Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Papua.

 

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jaap Ormuseray saat diwawancarai Reportasenews.com mengatakan bahwa ratusan kayu ini ditemukan pada pos kepolisian kehutanan dari arah keerom dan sarmi asalnya. ” Kayu yang diamankan ini antara lain berasal dari Kwarja Taja dan dari Buspun Gresi Selatan, rencananya akan dibawa ke PT Harangan Bagot di Kota Jayapura, Lalu dari Boasom Unurumguay akan dibawa ke Sawmill di Sentani, Kabupaten Jayapura. Upaya yang kita lakukan ini sebagai tindak lanjut rencana aksi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dalam penyelamatan sumber daya alam Papua serta dalam rangka menjaga kelestarian hutan Papua”. Tegas Jan

 

Dia mengungkapkan, sejak adanya pengalihan kewenangan dinas kehutanan dari kabupaten ke Provinsi sebagaimana diatur dalam UU 23 tentang pemerintahan daerah dan PP nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, menyebabkan terjadinya kekosongan petugas kehutanan di kabupaten. “Hal ini yang menyebabkan kembali maraknya peredaran kayu ilegal,”Imbuhnya.


Jan berharap kedepan ada efek jera bagi para pemain kayu ilegal ini karena kita melihat kondisi hutan dipapua yang jika kayunya dicuri seperti ini maka akan habis dan berpengaruh besar pada dunia.  
“Kami mau sampaikan kepada oknum yang melakukan perambahan hutan, mengambil hasil hutan tanpa ijin maka pemerintah tidak akan tinggal diam dan kami akan terus melakukan fungsi yang ada guna memberikan efek jera bagi mereka,” Tegas Jan.

 

Adapun empat orang yang diamankan masing masing berinisial AA, AM, Hb, dan EG. Keempatnya merupakan sopir truk yang mengangkut kayu, kini mereka harus mempertanggung jawabkan perbuatan mereka dihadapan kepolisian. ( riy )

 




Loading Facebook Comments ...