Search

Dinilai Melanggar ITE, Pemilik Akun FB Rudi Bagas Dipolisikan  

Fadlan selaku Kepala Desa (Kades) Jetis, didampingi  Supriyono selaku kuasa hukumnya, saat melaporkan ke Mapolres Situbondo. (foto:fat)
Fadlan selaku Kepala Desa (Kades) Jetis, didampingi  Supriyono selaku kuasa hukumnya, saat melaporkan ke Mapolres Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Dinilai telah melanggar Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik  (ITE),  Fadlan  selaku Kepala Desa (kades) Jetis, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, melaporkan  pemilik akun Facebook Rudi Bagas  ke Mapolres Situbondo, Sabtu  (16/5/2020).

 

Namun, dalam melaporkan akun FB Rudi Bagas  ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Situbondo,  karena menuding Fadlan menyalahgunakan jabatannya sebagai Kades tentang pendistribusian bantuan pangan non-tunai (BPNT) melalui e-Warung, Fadlan didampingi Supriyono SH.M.Hum selaku  kuasa hukumnya.

 

Supriyono selaku kuasa hukum  Fadlan selaku Kades Jetis, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo mengatakan, pihaknya sengaja melaporkan pemilik akun FB Rudi Bagas, karena  Rudi Bagas selaku pemilik akun mengunggah berita bohong, dan menuding Fadlan selaku Kades menyalahgunakan jabatannya dalam program BPNT.

 

“Padahal program BPNT itu diambil di sejumlah warung yang sudah ditunjuk  di Desa Jetis, dengan nominal bantuan  sebesar Rp.200 ribu, namun program  BPNT berbentuk sembako. Jadi saya katakan sekali lagi, bantuan BPNT itu bisa diambil di warung yang sudah ditunjuk, bukan  di rumah Fadlan selaku Kades Jetis,”ujar Supriyono SH.M.Hum.

 

Supriyono menambahkan, dalam postingannya di Medsos  tersebut, Rudi Bagas mengatakan, pada Maret  2020 bantuan BPNT  itu diambil di salah satu warung di Jetis dengan sembako sebanyak 15 kilogram, sedangkan pada  April  program BNPT itu diambil di rumah Fadlan selaku Kades,  dengan sembako 10 kilogram.

 

“Nah, karena Rudi Bagas selaku pemilik akun FB itu menyebar berita bohong  dan terkesan mencemarkan nama baik Fadlan selaku Kades Jetis, sehingga kami melaporkan kasus pelanggaran ITE ke Mapolres Situbondo,”beber Supriyono.

 

Kasubag Humas Polres Situbondo Iptu Ali Nuri membenarkan laporan pemilik akun FB Rudi Bagas. Namun, untuk mendalami dan mengkaji   laporan tersebut,   penyidik Satreskrim Polres Situbondo  akan memanggil sejumlah saksi untuk diminta keterangannya.

 

“Namun, jika terlapor terbukti, dia akan dijerat dengan UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE,”pungkasnya.




Loading Facebook Comments ...