Search

Diterjang Puting Beliung 8 Rumah Warga Rusak

Pohon tumbang akibat puting beliung, yang akan dibersihkan petugas, Kamis (8/2/2018) siang. (foto/abd)
Pohon tumbang akibat puting beliung, yang akan dibersihkan petugas, Kamis (8/2/2018) siang. (foto/abd)

Pasuruan, reportasenews.com – Kejadian angin puting beliung yang menimpa Dusun Talang, Desa Watuagung, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis (8/2/2018) siang, menimbulkan sedikitnya 8 rumah warga serta beberapa bangunan rusak. Angin putting beling juga menumbangkan sebuah pohon, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut

Sugiati (45) mengatakan, pusaran angin terjadi tidak lebih dari lima menit, sekitar 11.45 WIB. Disebutkan, saat itu kondisi cuaca tidak menentu, antara panas, hujan dan angin berlangsung bergantian.“Cuaca di desa ini, kian tak menentu tiap harinya.Kapan panas, terus hujan. Setelah hujan ada angin,” tandas Sugiati, warga Desa Watuagung, pada wartawan, Kamis (8/2/2018).

Dikatakannya, angin daang tanpa diduga-duga kemudianberputar-putar, hingga menyapu rumah dan sebagian bangunan lainnya. Setidaknya terdapat delapan rumah warga mengalami kerusakan pada bagian atap. Sedangkan sebuah gazebo ikut rusak, juga adanya kumbung jamur milik warga sekitar juga mengalami hal serupa, rusak pada bagian atapnya hingga terbuka.

Ia menjelaskan, usai kejadian, warga sekitar lebih waspada lagi kalau terjadi hujan lebat yang terkadang disertai angin kencang. Sehingga mereka trauma dan sedikit ketakutan.“Dari kejadian ini, yang kami anggap terparah. Bahkan sebuah pohon sengon yang ada di dekat jalan juga roboh. Alhamdulillah tidak ada korban dari warga,” beber dia.

Namun demikian, belum ada laporan resmi dari BPBD Kabupaten Pasuruan ataupun pihak berwenang lain, terkait kemungkinan jumlah kerusakan rumah maupun bangunan lain, baik yang terjadi di Dusun Talang, Watuagung atau wilayah lainnya. Selain angin puting beliung yang jadi kewaspadaan pihak BPBD terkait soal banjir yang menghantui wilayah terdampak. (abd)

 




Loading Facebook Comments ...