Search

Dua Kapal Ludes Terbakar di Pelabuhan Probolinggo

Kobaran api saat melalap dua kapal motor yang sedang bersandar di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo, Jawa Timur. (foto: dic)
Kobaran api saat melalap dua kapal motor yang sedang bersandar di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo, Jawa Timur. (foto: dic)

Probolinggo, reportasenews.com – Dua kapal motor pencari ikan antarpulau yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo Jawa Timur, ludes terbakar, Senin (11/9) malam.

Dua kapal milik warga kepulauan Riau yakni Kapal Nagoya 2 milik A-Moy dan Kapal Setia Indah milik A-Tiy, sulit untuk dipadamkan meski tujuh unit mobil damkar dikerahkan, karena tiupan angin kencang dan di dalam dua kapal itu terdapat bahan bakar, sehingga api semakin menjadi.

Dugaan sementara, api muncul dari kapal Setia Indah, saat melakukan pengelasan di badan kapal. Percikan api dari pengelasan itu membuat kapal terbakar karena menyambar ke bahan bakar yang ada di dalamnya.

Sementara api juga menjalar ke Kapal Nagoya yang berada di sebelah Kapal Setia Indah. Tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini.

Harun, salah satu anak buah kapal (ABK) mengatakan, api dengan cepatnya melalap dua kapal yang sedang bersandar. Api semakin membesar karena tiupan angin dan bahan bakar yang ada di dalam kapal.

“Kebakaran berawal dari Kapal Setia Indah, saat melakukan perbaikan body dan pengelasan, api membakar Kapal Setia Indah dan api langsung menyambar Kapal Nagoya 2 tempat saya bekerja,” jelas Harun, ketika ditemui di lokasi kejadian.

Sementara menurut Serma Kuswari, anggota Kodim 0820 Probolinggo, api sulit dipadamkan karena anginnya kencang ditambah ada bahan bakar di dalam kapal, kebakaran ini menyebabkan dua kapal motor ludes dilalap api.

“Kalau pemilik kapal tidak ada di sini ada di Singapura, dugaan sementara api berasal dari pengelasan saat melakukan perbaikan,” tuturnya.

Beruntung para pekerja perbaikan Kapal Setia Indah masih bisa menyelamatkan diri dari kobaran api.

Akibat kebakaran ini kerugian ditaksir belasan milyar rupiah. Sementara kasus kebakaran ini telah ditangani kepolisian Polres Probolinggo Kota.(dic)




Loading Facebook Comments ...