Search

Dubai Sediakan “Lemari Es Berbagi Makanan” Untuk Buka Puasa Gratis

Kulkas menyimpanan makanan donatur untuk mereka yang butuh selama ramadhan di UEA/ Facebook Open Arm
Kulkas menyimpanan makanan donatur untuk mereka yang butuh selama ramadhan di UEA/ Facebook Open Arm

Uni Emirat Arab, reportasenews.com – Dubai membuat langkah berbeda dibulan Ramadhan 2017 ini dengan menyediakan beberapa titik untuk membagi makanan dan minuman. Siapapun yang mau menyumbangkan makanan bisa menitipkan disitu, dan bagi yang membutuhkan berbuka atau sarapan dapat juga mengambil disana.

Menjamurnya gerakan “Berbagi Ramadhan” dimulai dari seorang ekspatriat Australia pada tahun 2016 untuk mengisi sebuah kulkas pendingin yang ditempatkannya di luar rumahnya dengan makanan dan minuman untuk orang yang membutuhkan.

“Selama bertahun-tahun, Fikra Yel dan keluarganya telah menempatkan sebuah lemari es di luar rumah mereka untuk berbagi makanan selama bulan suci,” Anne Mulcahy, manajer komunikasi dan media dari inisiatif nirlaba, mengatakan kepada Arab News.

“Tahun lalu, Summayyah Sayed mulai melakukan hal yang sama dan membuka kelompok Facebook bernama: Ramadhan Sharing Fridges di UAE, dan dikembangkan dari sana dengan lebih dari 170 lemari es pada tahun 2016.”

Tahun ini, Anne Mulcahy mengatakan, sekitar 150 lemari es beroperasi di Dubai dan jumlahnya terus bertambah.

Summayyah Sayed, yang berbasis di Dubai, memulai kelompok Facebook-nya untuk menarik lebih banyak orang untuk menyebarkan budaya memberi, terutama Ramadan memiliki nilai yang sama.

Anggota kelompok, atau mereka yang ingin menjadi satu, memiliki dua pilihan untuk membantu yakni: menyumbangkan makanan atau menyiapkan lemari es di lingkungan mereka.

Dalam waktu singkat, kelompok tersebut memperoleh jumlah anggota yang meningkat yang juga berbasis di Dubai. Kelompok ini memiliki lebih dari 27.000 anggota hari ini. Menurut Mulcahy, inisiatif tersebut sekarang beroperasi di bawah payung Bulan Sabit Merah yang berasosiasi dengan LSM “Open Arms UAE“.

ScreenShot005

Untuk membantu orang-orang mereka membuat lemari es amal, sebuah peta berwarna dari gerakan “Ramadhan Berbagi Lemari es” tersedia dibeberapa titik yang memungkinkan orang untuk menemukan lemari es di Dubai untuk memberikan sumbangan mereka.

Untuk membantu donatur menemukan lemari es amal, sebuah peta berwarna dari “Ramadhan Berbagi Lemari es” disiapkan online yang memungkinkan orang untuk menemukan lemari es di Dubai untuk memberikan sumbangan mereka.

Sumbangan makanan termasuk air, minuman, buah dan sayuran, kacang-kacangan, kurma, biskuit, keripik serta makanan kemasan dan kaleng. Sandwich buatan sendiri juga merupakan pilihan. Makanan sisa dan makanan panas siap pakai tidak diterima.

Lemari pendingin bisa dipasang di luar rumah atau gedung perkantoran, tempat para sukarelawan bisa mengumpulkannya secara kolektif.

Lemari es biasanya diisi sampai 15 kali sehari dan setiap kulkas memberi makan setidaknya 100 orang setiap hari.

Tidak ada kategori orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan makanan, karena orang-orang dari berbagai negara, agama, ras dan karier setidaknya dapat memiliki makanan ringan secara gratis.

Para donor juga datang dari berbagai latar belakang dan tidak harus berpuasa seperti umat Islam, namun dengan senang hati memberi makan kepada mulut yang lapar setelah berjam-jam tidak makan. Seperti namanya, “lemari es berbagi” adalah hanya ada disaat Ramadhan dan tidak berlaku untuk bulan-bulan lainnya dalam setahun.

“Lisensi kami berlaku selama Ramadhan. Ini adalah komitmen nyata untuk menjaga lemari es tetap penuh dan dibutuhkan banyak sumbangan harian di Dubai, ” kata Anne Mulcahy. “Open Arms UAE, bagaimanapun, akan melanjutkan aktivitas mereka setelah Ramadan.”

Open Arms UAE adalah salah satu badan amal amal non-pemerintah terkemuka di UAE, yang dimulai dengan sekelompok teman dan tetangga yang mencari pendekatan komunitas yang berbeda selama bulan Ramadhan 2016. (Hsg)

 




Loading Facebook Comments ...