Search

Dukung Kejurnas Selam, Bupati  akan Bangun Diving Center di Pasput Situbondo 

Bupati Dadang Wigiarto berencana akan membangun diving center di Pantai Wisata Pasput Situbondo.. (foto:fat)
Bupati Dadang Wigiarto berencana akan membangun diving center di Pantai Wisata Pasput Situbondo.. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Menyambut tahun kunjungan wisata yang dicanangkan tahun 2019 mendatang, Pemkab Situbondo terus melakukan pembenahan di sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Situbondo.

Bahkan, untuk mendukung rencana Possi Jawa Timur, yang merencanakan  akan menggelar Kejurnas selam  di Pantai Wisata Pasir Putih, Situbondo, Bupati Dadang Wigiarto berencana akan membangun diving center di Pantai Wisata Pasput Situbondo.

“Saya sangat mendukung kalau Kejurnas digelar di Pantai Pasir Putih, selain sarana dan prasarana lengkap lokasinya mudah di jangkau,   karena berada di pinggir jalan Jalur Pantura Situbondo, ” kata Dadang.

Menurut Bupati Dadang,  sebenarnya  Pantai Wisata  Pasir Putih (Pasput) Situbondo  sudah layak untuk digelar Kejurnas selam, karena pernah dipergunakan untuk PON XV tahun 2000 lalu. Selain itu, sejumlah  fasiltas yang lain, seperti hotel layak untuk menginap peserta. “Saya rasa Kejurnas juga bisa digelar di sini. Dengan harapan, ke depan Pasir Putih bisa digunakan sebagai Sport turisme, yakni para pengunjung bisa berolahraga sambil berwisata,”imbuh Bupati Dadang.

Bupati Dadang menegaskan, pihaknya mengapresiasi KONI dan Possi Kabupaten Situbondo yang melakukan kerjasama dengan Possi Jawa Timur, dengan menggelar Kejurda selam di Pantai Wisata Pasir Putih Situbondo, untuk membangun diving center di Pasir Putih. “Agar para peselam pemula bisa belajar selam dan kami juga ingin muncul atlet selam potensial dari Kabupaten Situbondo,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum POSSI Jatim Mirza Muttaqien mengaku  terkejut karena jumlah pesera Kejurda selam meningkat tajam. “Untuk Kejurda selam laut tahun ini diikuti 226 atlet dan ini merupakan jumlah peserta paling banyak jika dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu tuan rumah juga mengirimkan sebanyak 13 atlet selam,” katanya.

Mirza menjelaskan setelah PON tahun 2000, Jatim belum pernah menjadi tuan rumah Kejurnas selam laut. Padahal Pantai Pasir Putih sangat layak untuk lomba selam tingkat nasional. “Pasir Putih sudah teruji di PON XV pada tahun 2000 lalu,” katanya.

Ditambahkan Mirza, nantinya Kejurda selam grand prix juga akan dibelar di Situbondo. “Nanti ada tiga kali kejurda grand prix yang digelar di Pasir Putih,” tuturnya.

POSSI Jatim  juga menyambut baik rencana Pemkab Situbondo membangun diving center karena selain menunjang wisata selam juga bisa dijadikan ajang pembibitan atlet muda. “Saya berharap muncul peselam berbakat dari Situbondo yang bisa membela Jatim di even nasional maupun internasional,”pungkasnya.

Diperoleh keterangan, dalam Kejurda selam Piala Bupati Situbondo Cup Tahun 2018, Situbondo menduduki peringkat ke-enam dari 17 kabupaten dan kota di Jawa Timur, yang mengikuti kejurda selam di Pasput Situbondo, dengan peroleh medali satu emas dan satu perak

Sedangkan juara umum dalam Kejurda selam Tahun 2018, Kabupaten Malang menjadi juara umum, dengan perolehan sebanyak 10 medali emas, disusul peringkat kedua Kota Surabaya dengan perolehan 9 medali emas, sedangkan peringkat ketiga Pasuruan, dengan perolehan medali tiga emas.(fat)

 




Loading Facebook Comments ...