Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Ekonomi · 14 Des 2017 00:14 WIB ·

Dunia Usaha Dukung Pemindahan Ibukota


					Jumpa pers Rapimnas Kadin II di Batam. (foto: gus) Perbesar

Jumpa pers Rapimnas Kadin II di Batam. (foto: gus)

Batam, reportasenews.com – Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Kadin tahun 2017 digelar dari tanggal 13-14 Desember 2017 di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau,kegiatan Rapimnas II ini dilaksanakan di Hotel Radisson Batam Center dengan agenda menyoroti pembangunan daerah dan sumber daya manusia, sekaligus untuk menyusun program kerja Kadin di tahun 2018.

Rapimnas Kadin ini dibuka Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani yang dihadiri sejumlah pengurus teras dari Jakarta, rencananya acara pembukaan. Rapimnas dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, menteri tenaga kerja, menteri desa tertinggal, menteri perindustrian dan dihadiri gubernur serta enam dirjen dari kementerian.

“Selain itu acara Rapimnas akan ditutup oleh wakil presiden Jusuf Kalla ” jelas Rosan.

Menurut Ketum Kadin Indonesia,Rosan P.Roeslani, rapimnas kedua ini mengambil tajuk ” Membangun Daerah dengan Meningkatkan Sumber Daya Manusia untuk Memajukan Perekonomian Indonesia yang Berkeadilan”.

Rosan menambahkan, Kadin melihat pertumbuhan perekonomian itu akan tumbuh berkualitas jika manusianya juga berkualitas. “Kita juga melihat pertumbuhan tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja, tetapi harus Indonesia secara luas. Kita akan mencoba menyelaraskan pertumbuhan secara seimbang,” kata Rosan dalam acara Konferensi Pers Hari Pertama Rapimnas Kadin di Radisson Hotel Batam Rabu (13/12).

Seperti diketahui,ketimpangan ekonomi masih terus mewarnai perekonomian nasional dan daerah. Secara nasional, Indeks Gini Ratio 2016 dan 2017 masih berkisar diantara 0,40- 0,41 dan di daerah berkisar 0,33-0,41. Sementara itu, dalam kurun waktu 2016-2017, perkembangan ekonomi Indonesia masih dalam trend positif dan stabil.

Berdasarkan data Tahun 2015, pertumbuhan ekonomi mencapai 4,88 persen, 2016 naik menjadi 5,02 persen dan tahun 2017 diperkirakan mencapai 5,1 persen. Meskipun secara umum pertumbuhan ekonomi Indonesia membaik, namun capaian pertumbuhan yang berada di kisaran 5 persen itu tidak cukup mampu untuk menyerap kebutuhan angkatan kerja baru yang setiap tahunnya mencapai 2 juta orang.

Kadin akan terus mendorong pelaksanaan program pendidikan vokasi agar angkatan kerja yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan industri dan menjadi tenaga kerja siap pakai.

“Kita full commitment dengan hal pendidikan vokasi, digital economy, ketenagakerjaan juga, ini yang akan menjadi fokus perhatian kita,” ujar Rosan selaku Ketua Pelaksana Rapimnas Kadin 2017.

Rapimnas Kadin yang kedua ini akan diikuti sedikitnya 1.000 orang peserta terdiri dari segenap jajaran Dewan Pengurus Kadin Indonesia, Kadin Provinsi, Kadin kabupaten/lota, hingga asosiasi/gabungan/himpunan bisnis.

Selain itu melibatkan kalangan pelaku usaha, Rapimnas Kadin juga akan melibatkan kalangan pemerintah untuk mensinergikan antara program kerja dengan kebijakan pemerintah,” kata Rosan.

Disinggung soal pemindahan Ibukota Indonesia, Ketua Kadin Indonesia Rosan P.Roeslani menjawab bahwa buat para dunia usaha soal pemindahan ibukota negara, pihak dunia usaha akan mendukung pemindahan ibukota tersebut, tentu nya berdasarkan kajian yang tepat.

“Buat kami para dunia usaha tidak ada masalah,jika memang di putuskan pemindahan Ibukota, bahwa dunia usaha akan mendukung,yang terpenting adalah berharap menjadi tempat yang lebih baik, lebih mengedepankan efisiensi pada dunia usaha dan membawa komunikasi yang lebih baik, ” kata Rosan.(gus)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polda Jambi Musnahkan 20 Kg Sabu dan 10 Ribu Butir Ekstasi

28 Maret 2024 - 15:04 WIB

Lima Dermaga di Tanjab Timur Siap Digunakan Untuk Arus Mudik Lebaran 2024

28 Maret 2024 - 14:34 WIB

Arus Mudik Mulai Padat di Pelabuhan Kumai

28 Maret 2024 - 13:49 WIB

Sempat Diwarnai Aksi Kejaran-kejaran Mobil, Tiga Kurir Narkoba Ditangkap Polisi

28 Maret 2024 - 13:45 WIB

Pj. Gubernur Kalbar Terima Audensi Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura

28 Maret 2024 - 13:40 WIB

Wapres Ma’ruf Amien Apresiasi Penurunan Stunting di Kalbar

28 Maret 2024 - 13:35 WIB

Trending di Daerah