Search

Edarkan Tembakau Gorilla Melalui Medsos, Pemuda Pontianak ini Dibekuk Polisi

Terangka dan barang bukti yang diamankan polisi. (foto:das)
Terangka dan barang bukti yang diamankan polisi. (foto:das)

Wajah tersangka mohon diblur 

Pontianak, reportasenews.com – Direktorat Narkoba Polda Kalimantan Barat menangkap seorang pemuda dengan inisial AS (31), lantaran edarkan narkoba jenis cannabis syntetis atau biasa disebut tembakau gorilla melalui media sosial,

Menurut petugas, narkoba jenis tembakau gorilla ini akan dikirim dengan tujuan luar provinsi Kalimantan Barat.

“Pelaku diamankan jajaran Dit Resnarkoba Polda Kalbar pada  Rabu (4/3/2020) berdasarkan informasi jasa pengiriman yang curiga terhadap paket dengan tujuan berbagai daerah di Indonesia,” kata Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Donny Charles Go, Kamis (5/3).

Sementara, Direktur Narkoba Polda Kalbar, Kombes Pol Gembong Yudha menambahkan, dari tangan pelaku ini diamankan sebanyak 9 paket yang dikemas menggunakan label salah satu toko online dan dikirim melalui salah satu jasa pengiriman.

Gembong menjelaskan, timnya mendapatkan informasi adanya paket yang dicurigai narkoba akan dikirim ke tujuan Jakarta , Depok, Tangerang , Muara Enim, Karawang , Jepara , Lampung.

Selanjutnya, tim melakukan penyelidikan dari ciri-ciri pengirim yang disampaikan oleh pihak ekspedisi.

Berdasarkan hasil penyelidikan, akhirnya tim dari Subdit 2 Dit Resnarkoba mengarah kepada seorang pemuda yang tinggal di daerah Sungai Jawi Kota Pontianak. Saat dilakukan penggeledahan, jajaran Dit Resnarkoba berhasil mengamankan ratusan paket tembakau gorila siap kirim di rumah AS.

“Diduga pelaku memasarkannya menggunakan media sosial,” ujarnya.

Gembong Yudha juga mengapresiasi pihak pihak terkait yang menginformasikan tentang peredaran narkoba yang hingga akhirnya bisa dilakukan pengamanan dan pengembangan untuk memerangi salah satu ancaman terbesar bagi negara yaitu narkotika.

“Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Mako Dit Narkoba Polda Kalbar untuk dilakukan proses hukum dan pengembangan lebih lanjut. Kami juga akan memburu pemasok narkoba yang bisa dibilang jenis baru tersebut ke Pontianak,” tandasnya.

Barang bukti yang disita antara lain, 9 kotak berisi  tembakau gorilla masing-masing 5 gram, 66 paket coklat berisi tembakau gorilla masing-masing 10 gram, 154 paket beningberisi tembakau gorilla masing-masing 5 gram, 5 bungkus amplop hitam berisi tembakau gorilla masing-masing 100 gram, 16 amplop coklat, 8 gulung lakban, 1 buah tas jinjing warna hitam, 1 buah tas ransel warna cokelat,  HP Xiomi warna Hitam, sejumlah uang Rp 300.000, 1 buah ATM BNI, dan sepeda motor Vario warna putih hitam KB 2978 HB.

Tersangka dijerat pasal 114 Ayat (2)  Pasal 112 Ayat (2) Undang – Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. (das)




Loading Facebook Comments ...