Search

Facebook “Messenger Kids” Aplikasi Chat Anak Usia 13 tahun

Messengerkids-01

Amerika, reportasenews.com – Untuk pertama kalinya, Facebook menyediakan aplikasi kepada anak-anak di bawah usia 13 tahun dengan aplikasi yang berfokus pada privasi yang dirancang untuk menetralisir ancaman predator anak.

Dirilis hari ini di iOS di AS, “Messenger Kids” memungkinkan orang tua mengunduh aplikasi di ponsel atau tablet anak mereka, membuat profil untuk mereka, dan menyetujui siapa teman mereka dan keluarga yang dapat mereka ajak chat dan video dari aplikasi utama Messenger.

Tweens tidak mendaftar untuk akun Facebook dan tidak memerlukan nomor telepon, namun bisa berkomunikasi dengan pengguna Messenger dan Messenger Kids lainnya, sehingga para bocah ini tidak ketinggalan dari obrolan keluarga.

Direktur manajemen produk Facebook Loren Chung mengatakan “Di aplikasi lain, mereka dapat menghubungi siapapun yang mereka inginkan atau dihubungi oleh siapapun” kepala Messenger Messenger David Marcus mencatat.

Filter pengaman deteksi proaktif khusus mencegah anak-anak untuk tidak berbagi gambar porno, konten seksual, atau kekerasan, sementara tim dukungan khusus akan merespons konten yang dilaporkan atau ditandai dengan cepat.

Facebook bahkan secara manual menyaring Giphy untuk membangun versi kids friendly dari mesin berbagi GIF. Dan dengan topeng dan stiker realitas yang diperkuat bergaya anak-anak, panggilan video dengan nenek bisa jadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Facebook tidak akan langsung memonetisasi Messenger Kids, secara otomatis memindahkan anak-anak ke akun nyata saat mereka berusia 13 tahun, atau mengumpulkan data sehingga sesuai dengan peraturan Undang-Undang Perlindungan Privasi Online Anak (COPPA).

“Ketika Anda memikirkan hal-hal yang perlu dilakukan agar orang lebih peduli terhadap Messenger, ini adalah hal yang sangat penting bagi orang tua,” kata kepala Messenger David Marcus dari Facebook.

Penting untuk dipahami bahwa anak-anak di bawah usia 13 tahun masih belum bisa mendaftar ke akun Facebook. Sebagai gantinya, orang tua mendownload aplikasi Messenger Kids ke iPhone atau iPad anak (Android segera hadir).

Begitu orang tua mengautentikasi dengan akun mereka sendiri, mereka membuat profil mini dengan nama dan foto anak mereka. Kemudian, dengan menggunakan bookmark Messenger Kids di aplikasi Facebook utama, orang tua dapat menyetujui siapa saja yang berteman dengan mereka sebagai kontak untuk anak mereka, seperti bibi dan paman. Messenger Kids dapat dioperasikan dengan aplikasi Messenger utama, sehingga orang dewasa sebenarnya tidak perlu mendownload aplikasi Kids. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...