Search

Gadaikan Sawah Orang Lain, Warga Talkandang Situbondo Dipolisikan

Ilustrasi. (foto:ist)
Ilustrasi. (foto:ist)

Situbondo,reportasenews.com – Ilzam Rofi’i (38), warga Dusun Lugundang, Desa Talkandang, Kecamatan Kota, Situbondo dilaporkan ke Sentra Pelayanan  Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Situbondo. Itu  dilakukan karena Ilzam melakukan penipuan dengan nominal sebesar Rp. 140 juta.

Namun, dalam melakukan aksi  penipuan terhadap korban Hj Siti Maimuna (54), warga Dusun Asta, Desa/Kecamatan Arjasa, Situbondo, terlapor  Ilzam Rofo’i, menggadaikan  dua hektar  sawah yang bukan miliknya di Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Situbondo.

Aksi penipuan yang dilakukan terlapor Ilzam Rofi’i itu, berawal pada 7 Januari 2018 lalu  terlapor mendatangi rumah korban di Dusun Asta, Desa/Kecamatan Arjasa,  Situbondo. Saat itu, terlapor menawarkan  untuk menggadaikan dua hektar sawah miliknya di Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran.

Karena  korban tertarik dengan sawah yang ditawrakan oleh terlapor, korban dan terlapor bersama-sama melihat  dua hektar sawah tersebut. Bahkan, korban langsung membayar uang gadai tanah sebesar Rp.100 juta kepada terlapor. Ironisnya, hanya dalam  jangka waktu sekitar satu minggu, terlapor kembali datang ke rumah korban. Kali ini, terlapor  minta uang  tambahan gadai sebesar Rp.40 juta.

Namun saat korban  akan menggarap  sawah seluas dua hektar tersebut, dan ternyata sawah seluas dua haketar  yang digadaikan itu bukan milik terlapor Ilzam Rofi’i. Sadar korban  merasa tertipu dengan ulah Ilzam Rofi’i, korban Hj  Siti Maimuna  langsung melaporkan kasus penipuan yang menimpanya ke Mapolres Situbondo.

“Sebelum dilaporkan ke Mapolres Situbondo, saya sempat menagih uang ke rumah  terlapor Ilzam Rofi’i, namun karena terkesan tidak ada itikad baik dari Ilzam, sehingga saya melaporkan kasus penipuan ini ke Mapolres Situbondo,”ujar Hj Siti Maimunah, Kamis (11/4/2019).

Kasubag Humas Polres Situbondo Iptu Nanang Priyambodo mengatakan, berdasarkan keterangan korban Hj Siti Maimunah  kepada petugas SPKT Polres Situbondo,  dalam melakukan aksi penipuan, terlapor menggunakan modus menggadaikan dua hektar sawah milik orang lain.

“Untuk menindaklanjuti laporan penipuan tersebut, penyidik akan memanggil sejumlah saksi untuk diminta keterangannya, namun jika terlapor terbukti melakukan penipuan, terlapor Ilzam akan dijerat dengan pasal 378 KUHP, dengan ancaman maksimal empat tahun kurungan penjara,”kata Iptu Nanang Priyambodo.(fat)




Loading Facebook Comments ...