Search

Gadget Pintar Ini Dapat Membuat Laporan Kebiasaan Makan dan Merokok

ScreenShot011

Amerika, reportasenews.com – Sebuah tim peneliti dari Tufts University School of Engineering mengembangkan wearable yang dapat disematkan pada gigi manusia.

Wearable pintar ini dilengkapi dengan sensor yang mampu merekam bahan kimia apa pun yang bersentuhan dengannya. Selanjutnya, data yang dikumpulkan oleh sensor dikirim secara nirkabel ke perangkat lain. Ini dianggap sebagai solusi untuk mengontrol diet dan mengidentifikasi kebiasaan merokok.

Wearable ini dapat digunakan oleh dokter untuk mengontrol gaya hidup pasien mereka secara real-time. Dengan begitu, analisis kondisi pasien bisa lebih mudah dilakukan, sehingga pencegahan lebih efektif.

“Pemantauan dalam rongga mulut dapat membantu beberapa hal, mulai dari deteksi dini kesehatan gigi, hingga pemantauan kondisi fisiologis seperti kelelahan. Tentu ini membutuhkan peningkatan dalam hal sensitivitas dan spesifisitas,” kata salah satu tim peneliti, Fiorenzo Omenetto.

Meskipun intinya hanya untuk mendeteksi pola makan dan kebiasaan merokok, dua hal yang dianggap mampu membentuk profil seseorang. Karena waktu makan dan jenis makan an apa setidaknya bisa menjelaskan karakter dan kebiasaan seseorang, seperti yang disebutkan dari TheNextWeb.

Penemuan teknologi hampir selalu memfasilitasi kehidupan orang-orang di berbagai sektor, termasuk kesehatan. Namun, selalu ada risiko potensial yang besar, terutama mengacu pada keamanan privasi. Jika sudah seperti ini, pemerintah harus bergerak cepat untuk membatasi ruang lingkup penggunaan teknologi dengan regulasi ketat. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...