Search

Gempa 7.1 Magnitudo Guncang Maluku Utara, Berpotensi Tsunami

Gempa 7,1 SR guncang maluku utara

Jakarta,reportasenews.com – Gempa dengan kekuatan 7,1 Magnitudo mengguncang Maluku Utara, Kamis , (14/11/2019). Gempa terjadi pada pukul 23.17 WIB dengan kedalaman 73 Km di bawah permukaan laut dan berpotensi tsunami.

Lokasi gempa berada pada 1.57 LU, 126,39 BT (137 km Barat Laut) Jailolo, Maluku Utara. Guncangan gempapa terasa cukup kuat ke Manoda, Sulawesi Utara.

Akibat guncangan yang cukup kuat di Manado warga yang berada di pesisir pantai berhamburan keluar rumah untuk mencari perlindungan ke tempat yang lebih aman.

BMKG menghimbau kepada warga untuk segera menjauhi pesisir pantai dan mencari perlindungan ke tempat yang lebih tinggi untuk menhindari adanya potensi tsunami akibat gempa tersebut. Warga juga dihimbau untuk tidak panik dan tetap tenang serta tidak menerima informasi yang menyesatkan.

Kepala BMKG Manado, Sulawesi Utara Abraham Mustamu gempa susulan terjadi beberapa kali namun intensitas menurun antara, 4- 5 SR. Gempa terjadi akibat adanya tekanan lempengan yang membujur dari utara ke selatan.
Hingga pukul 01.00 WIB BMKG belum mencabut peringatan Tsunami. (han)




Loading Facebook Comments ...