Search

Gempa Susulan Masih Terus Terjadi Hingga ke Wilayah Sigi

foto Ilustrasi
foto Ilustrasi

Palu, Reportasenews – Hingga Sabtu pagi (29/09) sejak gempa besar di Donggala yang terjadi Jumat petang, gempa susulan masih terus terjadi. Tercatat sudah 78 kali gempa susulan dengan kekuatan bervariasi antara 2,9 SR hingga 5,5 SR.

Gempa susulan bahkan terjadi di wilayah Sigi, Sulawesi Tengah dengan kekeatan 5,5 SR. Gempa berpusat di darat dengan kedalaman 10 Kilometer. Gempa yang terjadi masih di patahan yang sama, sesar Palu Koro dan dinyatakan tidak berpotensi Tsunami.

Saat ini Tim BNPB masih terus mendata korban dampak gempa dan tsunami di Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah. Tercatat 4 korban dilaporkan meninggal dunia.

“Jumlahnya masih didata. Kebanyakan korban meninggal karena tertimpa bangunan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Sementara itu, Direktur Operasi Basarnas, Bambang Suryo, menjelaskan pihaknya terus melakukan penyisiran. Ia mengaku terkendala  berkomunikasi dengan Basarnas Palu karena jaringan komunikasi terganggu. Setidaknya 500 BTS dinyatakan di dapat difungsikan.

Sementara itu Presiden RI, Joko Widodo, menyampaikan duka cita atas gempa di Palu dan Donggala. Jokowi juga mengaku sulit berkomunikasi dengan Gubernur Sulteng karena komunikasi terganggu.

Presiden menginstruksikan kepada semua instansi terkait untuk menyikapi bencana alam ini. “Setiap menit, setiap jam, saya mengikuti perkembangan. Setelah mendapat mendapat informasi yang jelas kita menentukan langkah lanjut,” kata Presiden.(dik).

 




Loading Facebook Comments ...