Search

Gigi Baru Dapat Ditumbuhkan Dalam Waktu 9 Minggu

Dimasa depan, gigi baru dapat ditumbuhakan dari tubuh pasien
Dimasa depan, gigi baru dapat ditumbuhakan dari tubuh pasien

Amerika, reportasenews.com – Selama ini, pasien yang kehilangan giginya akan mengganti dengan implan gigi palsu yang harganya cukup mahal. Dimasa depan tampaknya ditemukan terobosan menumbuhkan gigi untuk mengganti gigi lama yang hilang.

Dokter gigi telah menemukan teknologi baru bagaimana menumbuhkan gigi manusia, hanya dalam sembilan minggu.

Sebuah tim dari Universitas Columbia yang dipimpin oleh Dr. Jeremy Mao membuat penemuan yang menakjubkan, di mana mereka membangun ‘kerangka model’ untuk pondasi awal gigi baru yang terbuat dari sel induk, gigi baru ini kemudian dapat tumbuh di atas tempelan.

Dr. Mao menjelaskan, “Gigi yang hilang diganti dengan stem sel dari tubuh Anda, dan gigi mulai menyatu kejaringan di sekitarnya dengan sendirinya. Ini meningkatkan proses regenerasi dan menghasilkan pertumbuhan kembali gigi dalam waktu singkat,”

Ini bisa jadi akhir operasi gigi mahal untuk mengganti gigi yang hilang atau rusak.

Saat ini, dokter gigi terbatas pada prosedur apa yang dapat mereka gunakan, dan keterbatasannya seringkali berarti biaya akhirnya menjadi sangat tinggi.

Metode baru ini membuat sebagian besar penelitian stem sel telah mendapatkan momentum dalam tahun ini, dan digunakan untuk mengobati segala sesuatu mulai dari patah tulang sampai kelainan genetik.

Sementara 9 minggu jelas lebih lama daripada jika pasien masuk untuk perawatan gigi dan menerimanya pada hari yang sama, namun kenyataan bahwa gigi baru ini dibuat dari sel induk memberi mereka kredensial yang lebih alami.

Kebanyakan orang pasti lebih memilih untuk memiliki gigi pengganti yang terbuat dari sel mereka sendiri daripada gigi palsu yang terbuat dari bahan asing.

Dr. Mao menyatakan bahwa prosedurnya masih dalam tahap penelitian dan belum tersedia untuk umum dulu, namun harus dilakukan dalam operasi gigi dalam waktu dekat. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...