Search

Gunakan Dana Banpol untuk Kegiatan Safari Politik Bacabup, DPC Partai Gerindra Situbondo Dipolisikan

Bupati DPD Lira Situbondo Didik Martono. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Karena diduga  menyalahgunakan dana  bantuan politik (banpol) untuk kepentingan safari politik, salah satu bakal calon bupati (bacabup)  Situbondo yang diusungnya, yakni Karna Suswandi,  ketua DPC Partai Gerindra Situbondo diadukan ke Polres Situbondo.

Bahkan, dalam mengadukan Djaenur Ridho selaku  ketua DPC Gerindra ke Mapolres Situbondo, Didik Martono Bupati DPD Lira Situbondo, menyertakan sejumlah barang bukti sebagai  pendukung laporan penyalahgunaan dana Banpol tersebut.

Didik Martono mengatakan, pihaknya sengaja mengadukan dugaan tindak pidana  korupsi ketua DPC Gerindra ke Mapolres Situbondo, karena   kegiatan yang dilaksanakan  pada Sabtu (2/5/2020) lalu di Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Situbondo itu bukan murni kegiatann pendidikan politik, melainkan digunakan safari politik Bacabup Situbondo Karna Suswandi. “Oleh karena itu, kami melaporkan dugaan tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan dana Banpol, yang dilakukan oleh   ketua DPC Gerindra ke Mapolres Situbondo,”kata Didik Martono, Selasa (12/5/2020).

Pria yang akrab dipanggil Didik menambahkan, selain penyaluran dana Banpol itu melanggar Permendagri, karena ditengah pandemi Covid 19 itu seharusnya digunakan untuk kegiatan Bansos, namun kenyataannya dana Banpol Partai Gerindra Situbondo  justru digunakan untuk kampanye Bacabup Karna Suswandi.

“Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan di rumah salah seorang pengurus DPC Partai Gerindra Situbondo di Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur itu, juga melanggar Maklumat Kapolri dan kebijakan pemerintah tentang phsycal distancing. Sebab, dalam kegiatan tersebut mengumpulkan sebanyak 60  orang lebih,”beber Didik.

Lebih jauh Didik menegaskan, karena kegiatan DPC Gerindra Situbondo pada Sabtu (2/5/2020) lalu menabrak Maklumat Kapolri dan phsycal distancing. Bahkan, dalam kegiatan tersebut  menggunakan dana Banpol untuk kepentingan kampanye Bacabup Karna Suswandi.

“Oleh karena itu, saya berharap aparat penegak hukum Polres Situbondo, untuk menindaklanjuti pengaduan dugaan tindak pidana korupsi dana Banpol,  yang dilakukan oleh ketua DPC Gerindra Situbondo,”pungkasnya.




Loading Facebook Comments ...