Search

Gunakan Pipa Bekas, Proyek Pipanisasi Desa Tamansari Sumbermalang Disoal 

Ketua Badan Penelitian Aset Negara (BPAN) Situbondo, Edy Susanto saat melapor ke Kejari Situbondo. (foto:fat)
Ketua Badan Penelitian Aset Negara (BPAN) Situbondo, Edy Susanto saat melapor ke Kejari Situbondo. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Proyek pipanisasi air bersih di  Desa Tamansari, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo disoal. Bahkan, penyalahguaaan proyek dengan aggaran sekitar Rp.350 juta tersebut dilaporkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Situbondo.
Ketua Badan Penelitian Aset Negara (BPAN) Situbondo, Edy Susanto memgatakan, pihaknya sengaja melaporkan proyek pengerjaan pipanisasi air bersih, karena dalam mengerjakan proyek tersebut, pelaksana menggunakan pipa bekas bongkaran dari proyek pipanisasi di Desa Cemara, Kecamatan Suboh.”Sedangkan pipa yang baru  banyak dijual oleh oknum perangkat ke seseorang di Desa Sumberejo Kecamatan Besuki,”ujar Edy Susanto, Kamis (31/10/2019).
Menurutnya, dalam mengerjakan proyek pipanisasi air bersih, perangkat desa sebagai pelaksana hanya memasang paralon yang baru pada bagian hulu dan hilirnya saja, sedangkan di bagian tengah dipasang dengan panjang dua kilometer dipasang paralon bekas.
“Selain itu, proyek pipanisasi dengan anggaran sekitar Rp.350 tidak ada papan namanya. Makanya, saya menyebut proyek siluman, karena dinilai tidak transparan. Bahkan, tidak diketahui sumbet anggarannya. Oleh karena itu, saya laporkan proyek ini ke Kejaksaan,”bebernya.
Sementara itu, Bagian Humas Kejari Situbondo, Bebry  membenarkan adanya laporan dugaan penyalagunaan proyek pengerjaan  pipanisasi air bersih di Desa Tamansari Kecamatan Sumbermalang, Situbondo.”Berdasarkan pelapor, pelaksana proyek pipanisasi air bersih itu menggunakan paralon bekas. Namun, kami akan melakukan kross cek tentang kebenaran laporan penyalahgunaan proyek tersebut,”kata Bebry.(fat)



Loading Facebook Comments ...