Search

Gunung Bromo Waspada, Abu Vulkanik Mulai Keluar dari Kawah

Status Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Waspada.(foto: dic)
Status Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Waspada.(foto: dic)

Probolinggo, reportasenews.com – Aktivitas vulkanik Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, kembali meningkat. Saat ini abu vulkanik mulai menyembur dari kawah, dengan ketinggian 700 meter diatas puncak kawah, Selasa (19/2/2019).

Dari data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, saat ini cuaca cerah, berawan, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah timur laut, timur, tenggara, selatan, dan barat daya, dan barat. Suhu udara 12-20 °C, kelembaban udara 0-0 %, dan tekanan udara 0-0 mmHg.

Visual gunung jelas hingga kabut 0-III. Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dan coklat dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 50-700 m di atas puncak kawah. Tercium bau belerang ringan di PPGA Bromo. Hujan abu tipis di PPGA Bromo.

Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.5-1 mm (dominan 1 mm). Tingkat Aktivitas G. Bromo Level II (Waspada).

“Diimbau kepada kasyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengujung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif Gunung Bromo,” Wahyu Andrian Kusuma, petugas pengamat gunungapi Bromo.(dic)




Loading Facebook Comments ...