Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Internasional · 13 Jan 2017 16:00 WIB ·

Hamas Gelar Taktik “Honey Spot” Untuk Curi Data Ponsel Prajurit Israel


					Tentara Israel / Jerusalem Post Perbesar

Tentara Israel / Jerusalem Post

Israel, reportasenews.com: Hamas memasuki fase perang baru yang berbeda dari 15 tahun silam. Kali ini mereka membuat aplikasi smartphone yang dapat membajak dan sekaligus mencuri data diponsel target. Sasaran target Hamas tentu saja adalah ponsel milik prajurit IDF Israel.

Cara operasi Hamas ini memakai taktik tua sebetulnya. Dengan memakai puluhan akun palsu dimedsos termasuk facebook atau twitter, mereka meyodorkan foto-foto perempuan cantik jelita sehingga membuat prajurit IDF terjerat mabuk kepayang.

Jika target sudah dicokok batang hidungnya dimedsos, lalu keluarlah bujuk rayu agar tentara IDF itu mau mendownload aplikasi agar bisa lebih intim memakai video chat. Cara inilah yang kemudian dikenal dengan nama taktik “Honey Spot”

Menurut otoritas militer Israel, cara itu dipakai pihak Hamas untuk mencuri data didalam ponsel target, mendengarkan percakapan mereka, mencuri daftar telpon, merekam lokasi dimana tentara itu berada, atau semua foto-foto mereka. Bahkan ponsel target dapat dikendalikan diam-diam untuk mengambil foto dari jarak jauh oleh sang operator.

Pejabat militer Israel mengetahui rencana ini ketika menggelar “Operation Hunter’s Network” terkait dengan kecurigaan aktifitas online mencurigakan dari beberapa tentara, menurut The Jerusalem Post.

Intelijen militer Israel merilis pedoman yang lebih konservatif untuk tentara IDF ketika bermain dijaringan sosial, termasuk hanya mengkonfirmasi permintaan pertemanan dari orang yang mereka kenal secara pribadi. Mereka juga harus menahan diri dari meng-upload informasi rahasia kejaringan sosial, dan hanya men-download aplikasi dari toko App resmi, bukan dari link pihak ketiga. (HSG/ Rusia Today)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ratusan Santri Asal Pulau Raas Madura, Mulai Kembali ke Ponpes Situbondo

19 April 2024 - 20:19 WIB

15 Kilogram Sabu dari Malaysia Masuk Ke Kalbar, Seorang Kurir Berhasil Diringkus

19 April 2024 - 19:04 WIB

Wali Kota Binjai Amir Hamzah Mendaftar Pencalonan Bakal Calon Walikota ke Partai Demokrat

19 April 2024 - 18:52 WIB

Polres Kubu Raya Ungkap Motif Suami Bunuh Mantan Istri di Gang Limbung Kubu Raya

19 April 2024 - 17:53 WIB

Debit Air Sungai Batanghari Naik, BPBD Minta Masyarakat Waspada

19 April 2024 - 16:44 WIB

Pj. Walikota Jambi Sidak Sejumlah TPA, Usai Libur Lebaran

19 April 2024 - 15:50 WIB

Trending di Daerah