Search

Harga Gula Pasir di Situbondo  Tembus Rp.16,5 Ribu Perkilogram

Disdagin Situbondo, saat melakukan operasi pasar gula pasir. (foto:fat)
Disdagin Situbondo, saat melakukan operasi pasar gula pasir. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Dalam dua pekan terakhir ini, harga gula pasir  mulai merangkak naik di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Situbondo. Bahkan, harga gula pasir tembus  hingga  mencapai Rp.16,5 ribu perkilogram, padahal sebelumnya hanya sebesar Rp.13 ribu perkilogram.

Namun, kenaikan gula pasir mulai dikeluhkan  warga Kota Situbondo, seperti yang dikeluhkan oleh Miswati, salah seorang  pemilik warung kopi di terminal Kota Situbondo  mengatakan, sejak harga gula pasir mencapai Rp.16,5 ribu perkilogram, keuntungannya menjual kopi menurun.

“Sudah dua minggu lalu, harga gula terus naik. Mulai dari Rp12.500 per kilogram, sampai hari ini sudah Rp16.500 per kilogram,”kata Miswati, Kamis (12/3/2020)..

Menurutnya, meski harga gula pasir mulai naik, namun pihaknya tidak menaikan secangkir kopi yang dijualnya dengan harga Rp5.000 per gelas. Konsekuensinya, keuntungannya berkurang.”Saya  berharap, harga gula pasir segera kembali normal, yaitu dikisaran harga Rp11.000 per kilogram,”harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Situbondo, Yogie Kripsiansyah, mengatakan, kenaikan harga gula berkaitan dengan produksi nasional, yang semakin menurun.
“Kenaikan gula pasir ini tak hanya melulu Situbondo, tapi secara nasional,” ujar Yogie.

Menurutnya, pihaknya bersama Sub Bulog Divre Bondowoso yang juga membawahi Situbondo, telah melaksanakan operasi pasar. Saat itu, harga gula pasir masih Rp14.000 per kilogram. “Sampai saat ini, belum ada operasi pasar lagi,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...