Search

Hari Ini Gunung Agung Kembali Erupsi

Erupsi Gunung Agung, Minggu 21 April 2019. (foto. Ist)
Erupsi Gunung Agung, Minggu 21 April 2019. (foto. Ist)

Jakarta, Reportasenews.com – Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali kembali erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 WITA. Lontaran abu dengan intensitas tebal mengarah ke arah barat daya.

Erupsi menyebabkan hujan abu vulkanik dengan intensitas tipis hingga tebal terjadi di beberapa tempat, seperti di Kabupaten Karangasem, Bangli dan Klungkung. Dari pantauan Pos Pengamatan Gunung Agung, erupsi  tercatat  di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 55 detik.

Tidak korban jiwa dalam peristiwa ini, aktivitas masyarakat juga normal. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah membagikan ribuan masker kepada masyarakat. Bandara Internasional IGK Ngurah Rai juga tidak terganggu dari erupsi Gunung Agung. Semua penerbangan normal. Bali aman.

Status Gunung Agung juga tetap Siaga (level III). Masyarakat, pendaki dan wisatawan dilarang melakukan aktivitas di dalam radius 4 km dari puncak kawah Gunung Agung. Di luar radius tersebut dinyatakan  aman.

Masyarakat dihimbau tetap tenang saat mendengar informasi gunung meletus. Tidak perlu panik. Itu fenomena yang alami gunungapi meletus. Yang penting masyarakat tetap berada di area aman sesuai rekomendasi PVMBG. Jangan justru mendekati kawah untuk mendokumentasi aktivitas vulkanik di kawah. Itu berbahaya. Kita harus hidup harmoni dengan erupsi gunungapi. (*)

 




Loading Facebook Comments ...