Search

Hari Pertama Masuk Kerja, 27 PNS Pemkab Situbondo Mangkir

Bupati Dadang Wigiarto, saat Sidak ke salah satu OPD di Pemkab Situbondo. (foto:fat)
Bupati Dadang Wigiarto, saat Sidak ke salah satu OPD di Pemkab Situbondo. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Hari pertama masuk kerja, paska libur dan cuti bersama lebaran 1440 Hijriah, Bupati  Dadang Wigiarto melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Situbondo, Senin (10/6/2019).
Berdasarkan hasil Sidak dan finger print di sejumlah OPD Pemkab Situbondo, tercatat sebanyak 27 aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Situbondo, yang diketahui mangkir pada hari pertama masuk kerja, setelah libur panjang dan cuti bersama lebaran tahun 2019 ini.
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengatakan, pihaknya sengaja melakukan Sidak ke sejumlah OPD, yang berkaitan langsung dengan pelayanan, seperti RSU dr Abdoer Rehem Situbondo, Dispendukcapil, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Situbondo.
“Untuk memastikan tingkat kehadiran para pimpinan dan stafnya di masing-masing OPD di Pemkab Situbondo, pada hari pertama masuk kerja,”kata Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Senin (10/6/2019).
Bupati Dadang Wigiarto menegaskan, jika Sidak ini merupakan komitmen semua Bupati/Wali Kota se-Indonesia dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), agar para ASN. dilingkungan Pemkab Situbondo  lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Namun,jika para ASN diketahui bolos   pada hari pertama masuk kerja, kami tidak segan-segan untuk memberi sanksi tegas, sesuai dengan hukum yang berlaku,”ancam Bupati Dadang Wigiarto.
Sementara itu, Kepala BKP SDM Pemkab Situbondo Ahmad Yulianto mengatakan, jumlah ASN dari sejumlah OPD dilingkungan Pemkab Situbondo sebanyak 3508 orang, namun dari jumlah ASN tersebut tercatat sebanyak 27 orang yang tidak hadir pada hari pertama masuk kerja.
“Dengan rincian, sebanyak  enam ASN tugas belajar, empat ASN tanpa keterangan, sebanyak 15 ASN sakit, satu ASN alasan penting, sebanyak  tujuh ASN cuti bersalin,”kata Ahmad Yulianto.
Pria yang akrab dipanggil Yuli menambahkan, jumlah total ASN yang bolos pada hari pertama masuk kerja, jumlahnya turun jika dibandingkan pada lebaran tahun sebelumnya, karena pada lebaran tahun 2018 lalu tercatat sebanyak 41 ASN Pemkab Situbondo yang mangkir.
“Namun, untuk lebaran tahun 2019 ini, ada sebanyak empat ASN yang bolos tanpa keterangan. Makanya, empat ASN tersebut akan dipanggil untuk diminta keterangannya,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...