Search

Hasil Rekapitulasi KPU Situbondo, Pasangan Prabowo-Sandi Menang Tipis

Salah satu anggota PPK Situbondo, saat menunjukan model DA1  yang akan dibaca dalam pelaksanaan rekapitulasi manual di KPU Situbondo. (foto:Fat)
Salah satu anggota PPK Situbondo, saat menunjukan model DA1  yang akan dibaca dalam pelaksanaan rekapitulasi manual di KPU Situbondo. (foto:Fat)

Situbondo,reportasenews.com – Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Sandi, menang tipis  atas pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin, dalam penghitungan manual  yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Kamis (2/5/2019).

Dalam penghitungan yang dilakukan di salah satu hotel di Kota Situbondo, pasangan  Capres-Cawapres nomor urut 01 memperoleh sebanyak  202.789 atau 49,87 persen, sedangkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 memperoleh sebanyak 203.812 suara atau 50,8 persen. Dengan selisih suara   hanya 1.023 suara.

Pantauan Reportasenews.com dilapangan, pelaksanaan rekapitulasi manual untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2019, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Situbondo,  sempat diwarnai  adanya kesalahan pennyebutan angka oleh sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan  (PPK) di Kabupaten Situbondo, yakni jumlah angka antara pemilih laki-laki dan  perempuan.

Selain itu, sejumlah PPK di Kabupaten Situbondo  juga diketahui  salah dalam  menyebutkan  jumlah  angka pemilih untuk  para penyandang disabilitas. Meski sempat diwarnai dengan adanya  kesalahan menyebutkan angka, namun pelaksanaan rekapitulasi manual perolehan hasil suara untuk Pilpres Tahun 2019 di Kabaupaten Situbondo berjalan sukses dan lancar. Bahkan, para saksi kedua pasangan Capres-Cawapres tersebut langsung menandatangani hasil Pilpres Tahun 2019 di Kabupaten Situbond.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto mengatakan, diakui dalam rekapitulasi manual  hasil suara Pilpres 2019 itu, sempat diwarnai dengan adanya kesalahan  penyebutan jumlah pemilih antara laki-laki dan perempuan, dan jumlah pemilih untuk para penyandang disabilitas.

”Namun, kesalahan  penyebutan angka PPK  antara pemilih laki-laki dan perempuan  tersebut,  tidak merubah perolehan  suara untuk  masing-masing Capres-Cawapres,”kata Marwoto, ketua KPU Kabupaten Situbondo, Kamis (2/5/2019).

Menurutnya, meski sempat diwarnai adanya  kesalahan angka jumlah pemilih, namun pelaksanaan rekapitulasi manual hasil Pilpres Tahun 2019 berjalan sukses dan lancar. Bahkan, tidak  pelaksanaan rekapitulasi tersebut tidak ada protes dari dua saksi masing-masing  pasangan Capres-Cawapres.

”Alhamdulillah, pelaksanaan rekapitulasi hasil Pilpres Tahun 2019 sudah selesai, dan berjalan sukses dan lancar. Dari hasil rekapitulasi hasil Pilpres tersebut, pasangan Jokowi-Ma’ruf memperoleh sebanyak 202.789 suara, sedangkan pasangan Prabowo-Sandi memperoleh sebanyak 203.812 suara,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...