Search

Hutan Baluran Tergenang Air Setinggi Satu Meter, Jalur Pantura Situbondo Macet

Jalan Raya Hutan Baluran Situbondo tergenang air setinggi satu meter. (foto: fat)
Jalan Raya Hutan Baluran Situbondo tergenang air setinggi satu meter. (foto: fat)

Situbondo,reportasenews.com – Kembali,  Jalur pantura yang menghubungkan Situbondo-Banyuwangi macet total sekitar dua  jam, lantaran Jalan Raya Hutan Baluran Situbondo tergenang air setinggi satu meter, setelah sebelumnya kawasan Situbondo timur diguyur hujan deras selama satu jam lebih, Kamis (8/2).

Ironisnya, genangan air setinggi satu meter  justru kembali terjadi di Blok Panggang Hutan Baluran, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, sehingga mengakibatkan terjadinya antrean panjang  kendaraan bermotor baik roda maupun roda empat.

Bahkan, antrean kendaraan bermotor mencapai puluhan kilometer, baik dari arah Surabaya maupun dari arah Banyuwangi, karena para sopir tidak berani melintas dan menerobos jalan yang tergenang air tersebut, arus lalu lintas pantura yang menghubungkan Situbondo-Banyuwangi kembali lancar, setelah dua jam air yang menggenangi badan jalan aspal mulai surut.

Selain itu, genangan air setinggi satu meter lebih dan panjang genangan air sekitar 100 meter, juga mengakibatkan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat itu, diketahui banyak yang mogok karena memaksa untuk menerobos genangan air di jalur pantura Hutan Baluran Situbondo.

“Saya terpaksa genangan air, karena setelah menunggu satu jam lebih, saya menduga  genangan air yang menggenangi badan jalan aspal sudah mulai surut, namun setelah mencoba menerobos sepeda motor yang saya kendarai mesin mati di tengah genangan air,”kata Mulyadi, salah pengendara sepeda motor asal Desa/Kecamatan Arjasa, Situbondo,

Diperoleh keterangan, genangan air setinggi satu meter lebih itu, terjadi akibat jembatan di blok panggang Hutan Baluran Situbondo tidak menampung tingginya debit air,  akibat hujan deras mengguyur kawasan Situbondo, sehingga mengakibatkan air meluap dan menggenangi Jalur Pantura Situbondo.

Mendapat informasi di  Jalan Raya Hutan Baluran Situbondo tergenang air setinggi satu meter lebih, petugas lantas Polres Situbondo dan relawan baluran langsung turun ke lokasi, untuk mengatur arus lalin yang menghubungkan antara Situbondo-Banyuwangi tersebut.

Kasatlantas Polres Situbondo AKP Himmawan Setiawan mengatakan, arus lalin di Jalur Pantura Situbondo kembali lancar, setelah air yang menggenangi badan jalan aspal mulai surut, sehingga para sopir kendaraan  bermotor mulai berani melintas.

“Saya langsung menurunkan puluhan  personel lantas  ke jalan raya hutan baluran, karena  ratusan kendaraan bermotor yang terjebak banjir di Hutan Baluran, Situbondo,  baik dari surabaya maupun sebaliknya, arus lalin kembali lancar setelah air mulai surut,”kata Kasatlantas Polres Situbondo, AKP Himmawan Setiawan.(fat)

 




Loading Facebook Comments ...